Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Ini 3 Agenda Nasional yang Harus Dikawal Polri, Jokowi: Pertama, IKN

Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi membeberkan sejumlah agenda nasional yang harus dikawal anggota Polisi Indonesia (Polri).
SHARE
Ini 3 Agenda Nasional yang Harus Dikawal Polri, Jokowi: Pertama, IKN
SOLOPOS.COM - Perayaan HUT Bhayangkara ke-76 di Akademi Kepolisian (Akpol), Selasa (5/7/2022). (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi membeberkan sejumlah agenda nasional yang harus dikawal anggota Polisi Indonesia (Polri).

Presiden Jokowi menyampaikan hal itu saat menghadiri puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Bhayangkara yang berlangsung di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, Jawa Tengah (Jateng) pada Selasa (5/7/2022).

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Jokowi memimpin upacara peringatan HUT ke-76 Bhayangkara. Dalam sambutanya, Jokowi membeberkan sejumlah agenda nasional yang harus dikawal Polri.

“Pertama, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang pindah ibu kota. Pemindahan itu otomatis juga memindah cara kerja. Jadi untuk membantu visi misi dan motto Indonesia ke depan, Polri harus mengawal agar lancar dan tepat waktu,” kata Presiden Jokowi saat memimpin upaca HUT ke-76 Bhayangkara di Akpol, Selasa (5/7/2022).

Tak hanya mengawal pembangunan dan perpindahan IKN, Polri harus turut serta menyukseskan G20 yang saat ini tengah berlangsung. Sebab, kepala negara yang tergabung dalam G20 akan hadir ke Indonesia.

Baca Juga : Ini Isi Pesan Presiden Jokowi saat Pimpin Upacara HUT ke-76 Bhayangkara

“Puncaknya [G20] adalah November nanti di Bali. Anggota [Polri] harus mengawal betul hingga puncak acara,” lanjut dia.

Lebih lanjut, agenda nasional lainnya Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 2024. Anggota Polri juga harus mengantisipasi agenda nasional tersebut.

Hal yang menjadi sorotan selama Pilpres dan Pilkada serentak 2024 itu memaksimalkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) agar pesta demokrasi dapat berjalan baik.

“Guna menghadapi agenda nasional itu Polri atau segenap kelembagaan harus semakin berinovasi dan bertransformasi menjadi institusi modern dan bersinergi bersama kementerian lembaga lain,” tegas dia.

Meski masih bayak tugas yang menanti, lanjut Jokowi, Polri tetap harus mengedepankan humanisme selama bertugas. Jokowi menyebut polisi bukan hanya sekadar profesi namun juga jalan untuk mengabdi.

Baca Juga : Jokowi Salurkan Bantuan PKH ke Pedagang Pasar Peterongan Semarang

“Dalam menjaga Kamtibmas, lakukan tindakan humanis dan tegas ketika memang diperlukan. Penegakan hukum sebagai upaya akhir prosedur kemudian junjung kemanusiaan,” tutup dia.

HUT ke-76 Bhayangkara mengangkat tema Polri yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode