SOLOPOS.COM - Kondisi kawasan situs Keprabon, Desa Keprabon, Kecamatan Polanharjo, Klaten, yang berada di kawasan ruas jalan tol Solo-Jogja. Foto diambil sekitar dua pekan lalu. (Istimewa/Disbudporapar Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Dua situs cagar budaya di Klaten, Jawa Tengah, terdampak proyek Tol Solo-Jogja. Keduanya adalah situs Keprabon dan Wonoboyo di Desa Wonoboyo, Kecamatan Jogonalan.

Meski demikian, situs cagar budaya itu akan tetap dipertahankan. Caranya, konstruksi jalan dibuat melayang agar tidak mengganggu keberadaan kedua situs tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disbudporapar Klaten, Yuli Budi Susilowati, mengatakan saat ini sudah ada pengerjaan proyek pembangunan Tol Solo-Jogja di kawasan situs Keprabon. Sementara itu, kawasan situs Wonoboyo masih menunggu proses pembebasan lahan.

Baca juga: 200-an Saluran Irigasi di Klaten Terdampak Jalan Tol Solo-Jogja

Yuli Budi Susilowati, menguraikan ada perlakuan khusus terhadap dua kawasan situs tersebut dari pelaksana proyek pembangunan jalan tol Solo-Jogja. Perlakuan khusus yakni jalan tol bakal dibuat melayang pada kedua kawasan situs.

Petugas dari Disbudporapar Klaten secara berkala telah mengecek kondisi situs cagar buday tersebut. Terutama situs di Keprabon yang sudah mulai dilakukan pembangunan konstruksi Tol Solo-Jogja.

Dari hasil pemantauan, ada upaya perlindungan terhadap situs di Keprabon dengan mengambil jarak radius pengeboran tiang pancang 6 meter dari kawasan situs. Objek diduga cagar budaya berupa yoni itu masih dipertahankan di lokasi semula.

“Memang ketika kami sampai ke sana kali terakhir [dua pekan lalu], lokasi situs tidak terkena atau tertutup langsung oleh jalan layang sehingga atapnya tetap terbuka. Ternyata masukan-masukan dari komunitas diperhatikan,” urai Susi.

Baca juga: Antisipasi Sesar Opak, Konstruksi Jalan Tol Solo-Jogja Diperkuat

Sebagai informasi, situs Keprabon sebelumnya berada di tengah sawah yang dibebaskan untuk proyek pembangunan jalan tol Solo-Jogja. Di situs itu, ada yoni dengan ornamen di salah sisi menyerupai kepala kura-kura.

Di sekitar yoni itu terdapat gundukan tanah. Di antaranya berisi batu bolder yang diperkirakan menjadi bagian bangunan candi. Selama ini kawasan situs Keprabon kerap didatangi umat Hindu Kecamatan Polanharjo untuk sembahyang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya