SOLOPOS.COM - Ilustrasi meditasi (Thinkstock)

Meditasi dipercaya bisa membuat pikiran tenang.

Solopos.com, JAKARTA — Guru meditasi dari Yayasan Ananda Marga Indonesia, I Ketut Indrayana, mengungkapkan, sebelum memulai meditasi terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama bagi pemula.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

 “Sebelum meditasi disarankan jangan makan. Ketika makan, organ pencernaan sedang bekerja sementara meditasi menggunakan pikiran sehingga energi akan terpecah. Maka berat melakukan meditasinya,” kata Indra di Jakarta, Jumat (24/4/2015) sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara.
Selain itu, pemula juga disarankan memahami apa itu meditasi secara utuh. “Pahami dulu apa itu meditasi,” ujar dia.

Indra mengatakan pemula umumnya menghadapi sejumlah kendala di antaranya fisik, salah satunya saat melakukan duduk padmasana (duduk sila dengan dua telapak kaki di atas kedua paha).

“Ketika duduk padmasana bisa berapa lama?. Pemula umumnya kesulitan. Tetapi kalau kesulitan, bisa duduk sila seperti biasa. Saya juga dulu kesulitan. Tetapi setelah enam bulan latihan, baru bisa,” kata dia. Hambatan lainnya, ialah kesulitan mengontrol pikiran dan menenangkan ego.
“Ketika hambatan fisik teratasi, gelombang pikiran mulai tenang, ego akan muncul. Hati-hati, di situ banyak pemula yang tidak bisa mengontrol,” ungkap Indra.
Indra mengatakan, esensi meditasi ialah berpikir tentang Tuhan (sesuai kepercayaan masing-masing individu). “Meditasi yang efektif itu yang mencapai tujuan kesadaran tentang Ketuhanan. Berpikirlah tentang Dia (Tuhan), semakin sering semakin baik, terutama saat malam sebelum tidur dan saat bangun tidur,” kata dia. Dia menambahkan, meditasi juga umumnya dilakukan untuk mengontrol dan menenangkan pikiran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya