SOLOPOS.COM - Kawasan wisata Posong di Kabupaten Temanggung. (jatengprov.go.id)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Salah satu lokasi wisata di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, yang tengah ramai dikunjungi wisatawan adalah Posong yang ada di kaki Gunung Sindoro, Kecamatan Kledung. Di tempat wisata ini, pengunjung bisa menikmati keindahan dan kesejukan khas pegunungan sambil melihat sunrise atau matahari terbit.

Karena berada di kawasan pegunungan, suhu udara di Posong ini sekitar 10 sampai 19 derajat Celcius. Di tempat ini, Anda bisa melihat beberapa puncak gunung yang ada di Jawa Tengah. Panorama ini bisa terlihat dengan catatan cuacanya cerah. Lokasi ini berada di ketinggian di atas 1000 meter di atas permukaan laut.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Dikutip dari jatengprov.go.id, Minggu (21/8/2022), lokasi wisata Posong ini buka setiap hari mulai pukul 03.30 WIB bagi wisatawan yang ingin berburu sunrise. Sementara tempat wisata ini tutup pada pukul 16.00 WIB.

Baca Juga: Puluhan Layanan Unik Bangkitkan Wisata Pantai Samas Bantul

Wisata alam Posong ini menawarkan beragam keindahan:

  1. Golden Sunrise

Salah satu aktivitas andalan di Posong ini adalah berburu sunrise atau matahari terbit. Tempat ini menawarkan panorama terbaik dalam menyaksikan detik-detik terbitnya matahari. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat delapan puncak gunung di lokasi ini. Yakni Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Telomoyo, Gunung Lawu, dan Gunung Ungaran.

Namun, untuk menikmati panorama alam ini, pengunjung disarankan untuk datang mulai pukul 04.00 WIB.

  1. Kebun Tembakau dan Kopi

Di Posong ini, wisatawan juga bisa menikmati keindahan alamnya berupa hamparan kebun tembakau dan kopi yang sangat luas. Hal ini karena tempat wisata Posong berada di tengah kawasan ladang tembakau. Hamparan ladang tembakau yang ditanam bersisian dengan kopi ini sudah bisa dinikmati sejak dari pintu masuk lokasi wisata.

Baca Juga: Indahnya Wisata Posong Temanggung, Cocok Buat Healing

  1. Eksotisme di Balik Kabut

Bagi pengunjung yang datang ke Posong pada saat musim hujan tidak perlu berkecil hati. Karena wisatawan juga akan mendapatkan keindahan yang tak kalah dari sunrise, yakni kabut tebal yang membungkus wilayah lembag Gunung Sindoro dan Sumbing. Selain itu, di tempat ini ada beberapa lokasi yang sangat eksotis untuk berfoto selfie.

Untuk fasilitas yang disediakan di Posong ini, seperti lahan parkir luas, musala, dan toilet yang representatif. Selain itu juga ada gazebo yang bisa digunakan untuk tempat bercengkerama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya