Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Ingin Jalani Pola Hidup Sehat? Ini yang Harus Diperhatikan

Banyak orang yang sudah mulai tertarik untuk menjalani pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan mereka.  Lantas bagaimana langkah awal untuk menuju pola hidup sehat?
Ingin Jalani Pola Hidup Sehat? Ini yang Harus Diperhatikan
SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemeriksaan kesehatan. (Freepik)

Solopos.com, SOLO— Menjaga pola hidup sehat kini tengah menjadi hal yang banyak dibicarakan. Banyak orang yang sudah mulai tertarik untuk menjalani pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan mereka.  Lantas bagaimana langkah awal untuk menuju pola hidup sehat?

Pada program Health Talk Rumah Sakit (RS) JIH Solo, yang disiarkan di Youtube RS JIH Solo, awal Juli lalu, telah dibahas mengenai healthy lifestyle atau pola hidup sehat tersebut bersama dokter umum RS JIH Solo, Danu Ihyar.

Menurut Danu, healthy lifestyle merupakan sebuah perencanaan atau kebiasaan yang akan membuat hidup seseorang lebih baik ke depannya.

“Jadi ini lebih ke perencanaan atau pola. Lebih ke kebiasaan. Tidak mungkin serta merta melakukan pola hidup sehat dalam waktu satu dua minggu setelah itu kehidupan kita akan berubah,” kata dia.

Lebih lanjut dia menjelaskan ada tujuh hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan pola hidup sehat. Pertama adalah melakukan aktivitas fisik seperti olehraga, mengatur pola makan, menghindari rokok, menghindari minuman beralkohol, menjaga kebersihan.

Baca Juga: Ajak Anak-Anak ke Mal, Ini yang Dilakukan RS JIH Solo di Hari Anak

Dokter umum RS JIH Solo, Danu Ihyar. (Tangkapan Layar Youtube)
Dokter umum RS JIH Solo, Danu Ihyar. (Tangkapan Layar Youtube)

Hal yang tak kalah penting adalah berpikir positif dan melakukan medical ceck up secara rutin. Untuk medical ceck up tersebut dapat dilakukan di RS JIH Solo yang telah memiliki layanan lengkap.

Semua hal itu akan saling terkait. Bahkan menurutnya bagi masyarakat yang tidak terbiasa berolahraga, akan lebih baik sebelum memutuskan untuk menjalankan pola hidup sehat tersebut, menjalani medical ceck up dulu.

Baca Juga: Milad ke-3, RS JIH Solo Akan Relaunching Lima Program Unggulan

“Itu perlu untuk mengetahui riwayat penyakitnya. Dimana sekarang ada beberapa penyakit yang muncul tanpa gejala. Seperti gula, hipertensi, kolesterol, itu banyak. Lalu hasil konsultasi itu bisa untuk acuan menentukan jenis olahraga yang sesuai untuk dirinya,” lanjut dia.

Dia juga menegaskan dampak dari pola hidup sehat tidak bisa didapatkan secara instan. Untuk itu butuh konsisten dalam menjalankan pola hidup sehat tersebut. “Bagaimana cara untuk konsisten? Tentunya kita sadar kesehatan dulu, kemudian niat,” jelas dia.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terpopular
    Indeks Berita
    Berita Terkini
    Indeks Berita
    Part of Solopos.com
    Punya akun? Silahkan login
    Daftar sekarang...
    Support - FaQ
    Privacy Policy
    Tentang Kami
    Kontak Kami
    Night Mode