SOLOPOS.COM - Pekerja melakukan pengecatan untuk mempercantik wahana bianglala di arena Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) di Alun-alun Utara. (Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, JOGJA – Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja akan memanfaatkan penyelenggaraan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2014 sebagai momentum melakukan uji coba kendaraan wisata di sekitar kawasan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

“Kendaraan wisata ini bukan menjadi bagian dari penyelenggaraan pasar malam perayaan sekaten (PMPS). Namun, PMPS dinilai sebagai waktu yang tepat untuk melakukan uji coba ini, karena bus wisata sudah tidak bisa lagi parkir di Alun-alun Utara,” kata Walikota Jogja, Haryadi Suyuti usai prosesi pemasangan patok arena PMPS 2014 di Yogyakarta, Sabtu (25/102/104).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pemerintah bersama sejumlah pihak terkait sedang melakukan kajian mengenai pelaksanaan uji coba tersebut, di antaranya menyangkut rute kendaraan dan waktu operasional. Ia menyebutkan kendaraan wisata tersebut dimungkinkan diberangkatkan dari Tempat Khusus Parkir (TKP) Ngabean menuju Alun-Alun Utara dan beberapa objek wisata di kawasan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

PMPS 2014 adalah kegiatan rutin tahunan yang digelar di Alun-alun Utara Kota Yogyakarta. Selama ini, lokasi tersebut kerap digunakan sebagai tempat parkir bus pariwisata. Selama pelaksanaan PMPS, sudah tidak diperbolehkan lagi ada bus pariwisata yang parkir di Alun-Alun Utara.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Yogyakarta menargetkan, tidak ada lagi bus pariwisata yang diperbolehkan parkir di Alun-Alun Utara pada awal 2015. Bus bisa memanfaatkan lahan parkir di TKP Ngabean yang saat ini sedang dikembangkan agar memiliki kapasitas ruang parkir lebih banyak. Wisatawan yang datang dapat memanfaatkan kendaraan wisata yang sudah disiapkan untuk menuju sejumlah objek wisata di kawasan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Sementara itu, Penghageng Panitikismo Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Hadiwinoto mengatakan, Alun-Alun Utara kini sedang dalam proses revitalisasi sebagai bagian dari penataan wisata di kawasan keraton.

“Arus wisata di kawasan keraton akan berubah, yaitu wisatawan tidak lagi masuk dan keluar dari alun-alun tetapi keluar dari Magangan. Pemkot Jogja sudah menyiapkan ‘shuttle’ untuk melayani wisatawan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya