SOLOPOS.COM - Ilustrasi minyak goreng. (freepik)

Solopos.com, SOLO-Sebelum dipakai lagi, sebaiknya ketahui bagaimana cara menjernihkan minyak goreng bekas. Hal ini bisa Anda lakukan untuk menyiasati harga minya goreng sedang mahal seperti sekarang ini.

Namun sebelum menjernihkan minyak goreng supaya bisa dipakai lagi, sebaiknya ketahui terlebih dulu kualitasnya.  Selain itu perlu diingat sebaiknya komoditas ini hanya dipakai ulang sebanyak 2 kali-3 kali. Sebab jika dipakai memasak berkali-kali bisa menimbulkan risiko kesehatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nah, sebelum dipakai ulang, sebaiknya ketahui cara menjernihkan minyak goreng terlebih dulu. Ya, bisa jadi Anda merasa minyak sisanya masih terlalu banyak dan sayang jika dibuang? Sudah beli mahal-mahal, malah dibuang padahal baru sekali pakai.

Baca Juga: Mendag: Stok Minyak Goreng Normal Lagi Paling Lambat Akhir Februari

Berikut ini cara menjernihkan minyak goreng seperti dikutip dari lemonilo.com pada Kamis (17/2/2022):

1. Gunakan Wadah yang Bersih dan Kering

Cara pertama menjaga dan menjernihkan minyak goreng bekas adalah pastikan disimpan di wadah yang bersih dan kering. Minyak goreng bekas pakai harus disimpan dalam wadah yang bersih, kering, dan tertutup rapat. Wadah yang kotor dan basah akan menjadi tempat yang baik bagi berkembang biaknya bakteri dan hal ini tentu membuat minyak jadi tidak sehat dan higienis. Selain itu, pastikan minyak goreng sudah agak dingin sebelum dituang ke dalam wadah ya.

2. Simpan Minyak Goreng di Tempat Dingin dan Tertutup

Agar kualitas minyak goreng terjaga, minyak goreng perlu disimpan jauh dari sumber panas dan cahaya. Karena itu, sebaiknya simpanlah minyak goreng di tempat yang dingin dan tertutup, misalnya di dalam lemari dapur. Bila perlu, gunakan wadah yang tidak tembus cahaya, sehingga minyak goreng bekas semakin aman digunakan lebih dari satu kali.

Baca Juga: Harga Mahal, Minyak Goreng Boleh Dipakai Lagi Berapa Kali?

3. Pisahkan Minyak Goreng Sesuai Penggunaannya

Suatu makanan akan meninggalkan sedikit rasa dan aroma pada minyak yang digunakan untuk menggoreng makanan tersebut. Itulah mengapa, kamu sebaiknya menyimpan minyak goreng bekas dalam wadah yang terpisah sesuai dengan penggunaannya. Bayangkan saja, donat yang digoreng dalam minyak bekas ikan goreng tentu akan memiliki rasa yang kurang sedap, bukan?

4. Simpan Minyak Goreng dalam Keadaan Bersih

Sebelum disimpan, pastikan minyak goreng telah disaring hingga bersih dari ampas dan sisa makanan. Sebab, ampas dan sisa makanan dalam minyak goreng bekas bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang berbahaya bagi kesehatan.

5. Hindari Menyimpan Minyak Goreng di Lemari Es

Minyak goreng yang disimpan dalam lemari es akan berubah menjadi padat. Bukan hanya itu, minyak goreng tersebut juga akan mengandung lemak jenuh yang semakin tinggi saat dicairkan.

Baca Juga: Pedagang Gorengan di Grobogan Keluhkan Kelangkaan Minyak Goreng

6. Endapkan Minyak Goreng

Minyak goreng yang dipakai untuk menggoreng makanan bertepung biasanya menjadi agak keruh. Untuk membersihkannya, biarkan minyak selama kurang lebih satu malam hingga sisa tepungnya mengendap di bagian bawah minyak. Dengan begitu, bagian permukaan minyak yang masih jernih bisa dipakai kembali.

7. Serai (Sereh) Bisa Juga Lho Digunakan Untuk Menghilangkan Bau

Untuk menghilangkan bau dari minyak bekas, kamu bisa menekan batang serai dengan pisau dapur hingga memar. Setelah itu, masukkan serai tersebut ke dalam minyak bekas yang telah dipanaskan dan diamkan selama beberapa saat. Bau minyak goreng akan berkurang saat serai telah layu dan minyak pun bisa digunakan kembali.

Baca Juga: Minyak Goreng Palsu Beredar di Kudus, Pengusaha Kerupuk Jadi Korban

8. Bersihkan Minyak dengan Nasi

Mungkin agak sedikit aneh ketika mendengarnya. Namun, nasi bisa membantu untuk menjernihkan minyak. Ambil sedikit nasi yang telah matang, lalu kepalkan hingga menjadi padat. Setelah itu, masukkan nasi tersebut ke dalam minyak goreng bekas yang masih panas.

Bolak-balik nasi selama beberapa saat hingga kotoran dan ampas sisa makanan yang ada pada minyak bekas menempel pada nasi. Bila nasi telah kotor tapi minyak goreng masih belum bersih, tambahkan lebih banyak nasi yang telah dikepal. Lakukan hingga minyak goreng menjadi bersih dan bisa dipakai kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya