SOLOPOS.COM - Teh hijau (ilustrasi/istimewa)

Solopos.com, SOLO--Teh hijau terkenal sebagai minuman yang kaya antioksidan dan baik untuk kesehatan. Teh hijau berasal dari Camellia Sinensis yaitu tanaman yang banyak mengandung antioksidan, kafein, dan asam amino. Camellia sinensis juga mengandung beberapa vitamin, mineral dan serat.

Antioksidan yang terpenting dalam teh hijau adalah katekin yang disebut EGCg dan terkandung dalam jumlah yang banyak. Tidak seperti teh hitam atau oolong, teh hijau tidak melalui tahap oksidasi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau membantu cegah kanker hingga penyakit kardiovaskular. Teh hijau juga memiliki efek antiinflamasi, antiartritik, antibakteri, antiangiogenik, antioksidatif, antivirus, neuroprotektif, dan penurun kolesterol.

Tak hanya itu, peneliti juga melihat manfaat sehat teh hijau bisa didapat dari konsumsi dalam periode jangka panjang, dibanding hanya sesekali saja. Namun, ada waktu-waktu yang disarankan untuk mengonsumsi teh hijau, seperti yang dilansir dari detik.com dan sumber lain belum lama ini.

Rich Brian Hingga BTS, Ini Deretan Selebritas Asia-Pasifik Paling Berpengaruh Di Medsos Versi Forbes

Pagi dan malam hari

Teh hijau mengandung cukup kafein untuk memberi dorongan energi, sehingga bagus dikonsumsi saat pagi hari. Tidak seperti kopi, teh hijau mengandung asam amino L-theanine, yang mencegah kelebihan kafein dan memberi energi sepanjang hari.

Teh hijau juga bisa diminum saat malam hari. Beberapa jenis teh hijau memiliki lebih banyak kafein daripada teh hitam. Namun, untuk konsumsi teh hijau di malam hari, kalian perlu memperhatikan jenisnya. Pilihlah jenis teh hijau dari daun yang lebih tua atau yang dipanggang, seperti kyo bancha, hojicha atau kukicha.

Sebelum dan sesudah makan

Waktu terbaik untuk mendapatkan manfaat dari minum teh hijau adalah dalam kondisi perut kosong. Sebab sebuah studi menunjukkan konsumsi makanan berbarengan dengan minum teh hijau mungkin akan menghambat penyerapan EGCg. Namun, minum teh hijau sebelum makan bermnafaat untuk membantu mengurangi rasa lapar.

Teh hijau juga cocok diminum sesudah makan, sebab minuman ini bisa mengimbangi rasa manis makanan penutup dengan sempurna dan bermanfaat untuk membersihkan mulut. Untuk itu, pilihlah teh hijau yang lebih ringan seperti Dragon Well untuk makanan non-manis dan teh jenis lain untuk makanan penutup dan makanan yang lebih berat.

Meskipun tidak ada pedoman khusus waktu minum teh, sebelum atau 30-60 menit setelah makan ternyata juga dapat meningkatkan metabolisme. Peneliti juga menyarankan minum 3-5 cangkir teh hijau per hari, tergantung pada jenis dan jumlah EGCg untuk mendapatan manfaat yang maksimal. Namun, kalian perlu mewaspadai, minum teh hijau berlebih justru bisa menimbulkan diare dan gangguan pencernaan.

Kerja Sama Mematahkan Hoaks Seputar Vaksin Covid-19

Sebelum dan setelah olahraga

Teh hijau dapat membantu menyiapkan tubuh sebelum berolahraga dan memulihkan tubuh dengan cepat setelah berolahraga. Secangkir teh hijau sebelum berolahraga dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan daya tahan dan fokus. Sedangkan secangkir teh hijau setelah berolahraga akan menyegarkan dan mengisi kembali energi tubuh.

Kalian bisa meminum teh hijau sebelum berolahraga untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa EGCG dikombinasikan dengan kafein yang dikonsumsi 90 menit sebelum berolahraga secara signifikan meningkatkan tingkat oksidasi lemak selama olahraga.

Untuk itu, pilihlah teh hijau dengan jumlah EGCg yang lebih tinggi. Gunakan air bersuhu tinggi dan waktu seduhan yang lebih lama untuk mengekstrak lebih banyak kafein dan EGCg. Meskipun, EGCg dan kafein memiliki rasa yang pahit, namun kedua zat tersebut ampuh untuk bantu turunkan berat badan.

Gunakan sepekan sekali untuk perawatan wajah

Teh tidak hanya menghidrasi kulit tetapi juga memiliki sifat antiinflamasi. Teh hijau dapat membantu menghilangkan penuaan, garis-garis halus dan kerutan, lingkaran hitam di sekitar mata dan bahkan dapat membantu mengurangi sebum dan membersihkan kulit dari jerawat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teh hijau mungkin membantu baik dari dalam maupun luar tubuh. Teh hijau juga baik untuk digunakan sebagai perawatan wajah dengan menggunakan uapnya secara rutin sepekan sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya