SOLOPOS.COM - Menimbang berat badan. (Detik.com)

Solopos.com, SOLO — Siapa yang ingin memiliki berat badan ideal? Pasti banyak yang mengangkat tangan atau mengacungkan jari. Karena hal itu jadi idaman setiap orang.

Namun karena tidak begitu memahami soal pola makan dan gaya hidup, seringkali keinginan tersebut pupus. Bahkan beberapa orang mengkonsumsi sejumlah makanan yang sebenarnya harus dihindari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ada sejumlah makanan sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi lebih dari pukul 16.00 WIB atau jam 4 sore, jika ingin mendapatkan berat badan ideal.

Ayo Olahraga 30 Menit, Biar Imun Naik Siap Lawan Covid-19

Melansir Medical Daily yang dikutip Suara.com, berikut empat makanan yang harus dihindari setelah jam tersebut:

1. Roti putih

05Roti Putih – (Liputan6.com)

Roti sering menjadi alternatif asupan karbohidrat ketika sedang diet. Karena dianggap tidak jauh berbeda dan harganya juga lebih murah, roti putih lebih sering jadi pilihan dibandingkan roti gandum.

Padahal sebenarnya jumlah serat pada roti putih lebih rendah sehingga tidak terlalu menekan nafsu makan dan justru membuat makan menjadi tidak tertatur. Akibatnya berat badan ideal sulit tercapai

Waktu Olahraga yang Baik Turunkan Berat Badan, Pagi atau Malam?

2. Es krim

05Es Krim – (Suara.com)

Es krim memang nikmat dijadikan camilan saat sore hari. Tapi perlu diperhatikan bahwa rasa manis pada es krim sudah tentu juga mengandung banyak karbohidrat. Ini akan mempengaruhi berat badan juga.

“Makan banyak karbohidrat olahan menghasilkan penumpukan lemak perut,” kata Edwina Clark, ahli diet dan ahli kesehatan.

3. Permen batangan

05Permen – (Liputan6.com)

Permen juga kerap menjadi cemilan saat mulut ingin mengunyah. Tapi itu bukan pilihan yang tepat jika berniat menurunkan berat badan.

Karena porsinya yang kecil, orang mungkin akan cenderung makan lebih banyak daripada yang seharusnya. Tapi jika ingin menghindari lemak, sangat dianjurkan berhenti mengonsumsi makanan manis tersebut.

Kuy, Ini 5 Cara Aman Jajan Kuliner di Luar untuk Cegah Klaster Covid-19

4. Keripik kentang

05Keripik Kentang – (Liputan6.com)

Siapa yang tak suka makan keripik kentang? Rasa gurihnya kerap membuat mulut ketagihan dan sulit berhenti makan. Namun dibalik rasanya yang nikmat, justru keripik kentang jadi salah satu makanan yang harus paling dihindari.

Menurut Livestrong, mengonsumsi makanan berlemak, keripik, dan makanan yang digoreng adalah bentuk diet yang tidak sehat dan berakibat menambah berat badan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya