SOLOPOS.COM - Ilustrasi.dok

Ilustrasi.dok

Jakarta- Central Marketing Organization Lead Microsoft Indonesia Willy Hendrajudo mengatakan ada enam hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli komputer baru atau bekas.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Saat konsumen membeli komputer baru atau bekas setidaknya ada enam hal yang harus diperhatikan,” kata Willy Hendrajudo saat ditemui di Jakarta, Jumat (14/6/2013).

Menurut dia, hal pertama, Certificate of Authenticity (CoA). COA adalah stiker atau label yang sering ditempel di body komputer untuk produk seperti Windows atau Windows Server.

“Biasanya konsumen bisa menemukan stiker COA di body komputer atau untuk beberapa laptop terbaru, berada di dalam kompartemen baterai,” ujar dia.

Kedua, label kunci produk. Calon pembeli harus memeriksa label putih atau orange berisi 25 karakter kunci produk yang disertai instalasi CD atau DVD.

“Fitur hologram pengaman. Semua produk Microsoft yang asli memiliki fitur hologram pengaman yang terpasang di dalam disk-jika berupa stiker, maka bukanlah produk asli,” kata dia.

Hal keempat yang harus diperhatikan, kata dia, detail kemasan. Kesalahan pengejaan, teks blur, kualitas cetak yang buruk atau foto/logo yang salah merupakan tanda jika ada sesuatu yang salah.

“Kelima yaitu label keaslian Microsoft. Komputer yang memiliki lisensi yang benar seharusnya memiliki label keaslian Microsoft atau label Certificate of Authenticity (CoA),” ujar dia.

Ia menambahkan label Microsoft juga meliputi segel yang terlihat setelah label dilepas.

“Terakhir, tinta gradasi warna. Gradasi warna pada label didesain untuk merubah satu warna menjadi warna lain ketika dilihat dari berbagai sudut, agar lebih mudah dideteksi keasliannya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya