Ingin Bebas Finansial Personal? Simak 9 Tips Mewujudkannya

Memiliki kebebasan finansial adalah tujuan bagi banyak orang. Umumnya, kebebasan finansial dipahami sebagai individu yang mampu menjalani gaya hidup sambil mengelola keuangan.
Ingin Bebas Finansial Personal? Simak 9 Tips Mewujudkannya
SOLOPOS.COM - ilustrasi bebas finansial (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Memiliki kebebasan finansial adalah tujuan bagi banyak orang. Umumnya, kebebasan finansial dipahami sebagai individu yang mampu menjalani gaya hidup sambil mengelola keuangan.

Lakukan kebiasaan berikut agar Anda tetap berada di jalur keuangan yang benar! Namun, terlalu banyak orang yang gagal mencapai kebebasan finansial sebab dibebani dengan meningkatnya utang, keadaan darurat keuangan, pengeluaran yang boros, atau masalah lain.

Terlebih lagi ada kejadian tak terduga, seperti yang terjadi saat ini, pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Kejadian seperti yang mengharuskan individu membatalkan rencana. Masalah bisa terjadi pada hampir semua orang, tetapi 12 kebiasaan ini dapat membantu Anda meraih kebebasan finansial, dilansir Bisnis dari Investopedia pada Jumat (24/9/2021):

Baca Juga: Perjalanan KA Argo Lawu dan KA Argo Dwipangga Lebih Cepat 1 Jam

1. Tetapkan tujuan hidup

Jadikan keinginan Anda lebih spesifik. Caranya mulai dengan menuliskan berapa banyak yang harus Anda miliki di rekening bank Anda, apa gaya hidup yang diperlukan, dan pada usia berapa harus dicapai.

Semakin spesifik tujuan Anda, semakin tinggi pula kemungkinan untuk mencapainya. Selanjutnya, hitung mundur ke usia Anda saat ini dan buat pencapaian keuangan secara berkala. Tuliskan semuanya dengan rapi dan letakkan lembar tujuan di bagian paling awal dari map keuangan Anda.

2. Buat anggaran

Konsisten dalam membuat anggaran rumah tangga bulanan. Ini adalah cara terbaik untuk menjamin semua tagihan dibayar dan tabungan berjalan sesuai rencana. Selain itu, cara ini juga bisa memperkuat tujuan Anda dan mendukung tekad melawan godaan untuk berbelanja secara royal. Jadi, pastikan Anda membuat anggaran dan konsisten mencatatnya.

Baca Juga: Kembangkan Potensi Diri, Telkomsel Gelar Webinar untuk Guru dan Pelajar

3. Lunasi kartu kredit

Kartu kredit berbunga tinggi adalah racun untuk membangun kekayaan. Buatlah cara untuk melunasi saldo penuh setiap bulan. Dengan membayar tepat waktu maka itu akan membangun peringkat kredit yang baik.

4. Jangan lupa menabung

Mulai sekarang, Anda harus bijaksana untuk menarik tabungan untuk dana darurat yang dapat digunakan untuk pengeluaran tak terduga. Idealnya, uang itu harus ditarik pada hari yang sama saat Anda menerima gaji. Anda harus menahan godaan berbelanja saat sudah menerima gaji.

5. Mulai berinvestasi sekarang

Pasar saham yang buruk dapat membuat orang mempertanyakan hal ini, tetapi secara historis tidak ada cara yang lebih baik untuk menumbuhkan uang Anda selain melalui investasi.

Keajaiban bunga majemuk akan membantunya meningkat secara eksponensial dari waktu ke waktu, tetapi Anda membutuhkan banyak waktu untuk mencapai pertumbuhan yang berarti.

6. Perhatikan kredit Anda

Skor kredit Anda menentukan tingkat bunga yang ditawarkan kepada Anda saat membeli mobil baru atau membeli rumah. Ini juga berdampak pada hal-hal yang tampaknya tidak terkait, seperti asuransi mobil dan premi asuransi jiwa.

Alasannya, seseorang dengan kebiasaan keuangan yang sembrono juga cenderung sembrono dalam aspek kehidupan lainnya. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mendapatkan laporan kredit secara berkala untuk memastikan bahwa tidak ada tanda hitam yang salah yang merusak nama baik Anda.

Baca Juga: Kabar Baik untuk Army, Kopi Kenangan Hadirkan Merchandise BTS x Built NY

7. Hidup di bawah kemampuan

Menjalani gaya hidup hemat dengan memiliki pola pikir menjalani hidup secara maksimal tidak begitu sulit. Banyak orang kaya mengembangkan kebiasaan hidup di bawah kemampuan mereka sebelum naik ke kemakmuran.

Ini bukan tantangan untuk mengadopsi gaya hidup minimalis. Namun, membuat penyesuaian kecil dengan membedakan antara hal-hal yang Anda butuhkan dan hal-hal yang Anda inginkan adalah kebiasaan yang bermanfaat secara finansial untuk dipraktikkan.

8. Minta bantuan penasihat keuangan

Setelah mengumpulkan jumlah kekayaan yang layak, baik itu investasi likuid atau aset berwujud yang tidak tersedia untuk dikonversi menjadi uang tunai, dapatkan penasihat keuangan untuk mengarahkan dan membantu Anda membuat keputusan yang lebih bijaksana.

9. Jaga kesehatan Anda

Investasikan kesehatan yang baik dengan kunjungan rutin ke dokter umum dan dokter gigi, dan ikuti saran kesehatan tentang masalah apa pun yang Anda hadapi. Banyak masalah dapat ditolong dan bahkan dicegah dengan perubahan gaya hidup seperti lebih banyak berolahraga dan pola makan yang lebih sehat. Kesehatan yang buruk dapat memaksa Anda mengambil pensiun dini dengan pendapatan bulanan yang lebih rendah.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago