SOLOPOS.COM - Ilustrasi bayi kembar. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Tak sedikit orang tua menginginkan anak kembar dari bayi tabung, lantas berapakah biayanya? Peluang mendapatkan anak kembar memang besar dari kehamilan dengan program ini.

Kenapa bisa hamil anak kembar dari bayi tabung (IFV)? Untuk menjawabnya, kita lihat terlebih dulu prosesnya yang melibatkan pengambilan sampel sel telur wanita untuk dibuahi oleh sperma pria di dalam cawan petri. Sel telur yang sudah dibuahi, disebut embrio, kemudian diinkubasi selama beberapa hari sebelum akhirnya dimasukkan kembali ke rahim. Setelahnya embrio akan bertumbuh kembang menjadi janin seperti layaknya kehamilan pada umumnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebelum mengetahui biaya mendapatkan anak kembar, ketahui terlebih dulu peluang hamil anak kembar dari bayi tabung bisa mencapai 20 persen-40 persen. Ini artinya, setiap satu dari empat kehamilan merupakan kehamilan kembar. Ini semua tergantung dari seberapa banyak embrio yang ditanamkan di rahim. Biasanya, dokter akan memasukkan banyak embrio dalam satu waktu untuk meningkatkan peluang sukses hamil.

Baca Juga: Pernah Gagal Bayi Tabung, Para Artis Ini Pantang Menyerah

Mengutip laman hellosehat.com pada Minggu (6/2/2022), dari sekian banyak embrio itu, mungkin ada lebih dari satu embrio yang tumbuh menjadi janin. Inilah kenapa peluang hamil anak kembar dari bayi tabung bisa cukup tinggi. Bahkan bukan hanya kembar dua, tapi bisa lebih.

Namun sebelum tergoda mendapatkan anak kembar dari bayi tabung, apalagi biaya yang dikeluarkan terhitung tidak murah, ketahui terlebih dulu apakah semua program bayi tabung pasti akan memghasilkan anak kembar?  Karena sebenarnya tidak ada jawaban pastinya. Bila Anda hanya menginginkan untuk satu embrio saja yang ditanamkan, sangat kecil kemungkinannya untuk bisa hamil kembar.

Meski begitu, satu embrio tersebut bisa saja membelah dua menjadi anak kembar. Anak kembar yang berasal dari satu embrio disebut dengan kembar identik.

Baca Juga: Berminat Mengikuti Program Bayi Tabung? Siapkan Biaya Segini

Lalu berapakah biaya mendapatkan anak kembar dari program bayi tabung?  Mengutip laman ocbcnisp.com, Minggu (6/2/2022), sejauh ini, biaya bayi tabung kembar masih sama seperti tarif untuk program biasa, yakni mulai dari Rp30 juta. Hal ini karena prosedur yang dilakukan sama, perbedaannya hanya pada jumlah embrio yang ditanam. Meskipun tidak semua menghasilkan dua janin, namun peluangnya mencapai 20%-40%.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya