SOLOPOS.COM - Kondisi kompleks Alun-alun Klaten yang ditutup pada Malam Tahun Baru 2022, Jumat (31/12/2021). (Solopos/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN — Akses menuju Alun-alun Klaten ditutup total pada Malam Tahun Baru mulai pukul 18.00 WIB pada Jumat (31/12/2021) hingga pukul 05.00 WIB, Sabtu (1/1/2022). Selain itu, 170 aparat kepolisian juga disiagakan untuk memastikan tak ada warga yang keluyuran di Alun-alun Klaten.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, penutupan Alun-alun Klaten telah sesuai dengan Inmendagri No 66/2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Selain itu, juga sudah sesuai Instruksi Bupati (Inbup) Klaten No 25/2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penutupan akses menuju Alun-alun Klaten ditujukan untuk mencegah kerumunan di tengah pandemi Covid-19. Hal itu terutama saat berlangsung malam pergantian tahun 2021 ke tahun 2022. Selain Alun-alun Klaten, sepanjang Jl Pemuda dari pertigaan Ngingas hingga pertigaan Adipura juga ditutup.

Baca Juga: 496 Perantau Mudik ke Klaten Saat Libur Nataru Dipantau Ketat

Di sisi lain, Jl Dewi Sartika hingga Jl Rajawali diberlakukan satu arah dari Stasiun Klaten menuju arah Bareng. Pemberlakuan jalan satu arah juga berlangsung di Jl Kopral Sayom, yakni dari arah pertigaan simpang Las Kaka menuju Stasiun Klaten.

Arus lalu lintas dari arah Solo-Jogja dialihkan mulai pertigaan Masjid Agung Al Aqsha Klaten ke kiri melintasi Jl Diponegoro hingga Jl Kartini. Sedangkan arus lalu lintas dari arah Jogja-Solo diarahkan mulai pertigaan Adipura Klaten ke kiri menunu Jl Merbabu-Jl Andalas-Jl Mayor Kusmanto-Jl Mayor Sunaryo-arah ke Solo.

Tahun Baruan Di Rumah Saja

“Kami tutup semua akses ke Alun-alun Klaten pada Malam Tahun Baru 2022. Kami akan all out dan mengerahkan 170 polisi. Pantauan juga dilakukan di masing-masing kecamatan di Klaten [26 kecamatan],” kata Kasatlantas Polres Klaten, AKP Muhammad Fadhlan, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, saat ditemui wartawan di Mapolres setempat, Jumat (31/12/2021).

Baca Juga: Alun-Alun Klaten Ditutup 2 Hari saat Tahun Baru, PKL Pasrah

AKP Muhammad Fadhlan mengimbau seluruh elemen masyarakat di Klaten merayakan pergantian tahun di rumah saja. Hal itu untuk mengurangi mobilitas sekaligus menghindari kerumunan yang dapat berpotensi menjadi penyebab terjadinya persebaran Covid-19.

“Malam Tahun Baru ini tidak ada perayaan, tidak ada konvoi, tidak ada pesta kembang api. Tidak ada juga yang berkendara dengan sepeda motor berknalpot brong,” katanya.

Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, mengatakan arus lalu lintas di jalan Solo-Jogja mulai meningkat menjelang Malam Tahun Baru 2022. Aparat keamanan terus memantau kondisi arus lalu lintas di berbagai pos pengamanan yang telah disediakan, di antaranya di Prambanan, Delanggu, dan Alun-alun Klaten yang ditutup.

Baca Juga: Polres Klaten Bagikan 1.000 Paket Sembako ke PKL dan Kaum Marginal

“Kami imbau masyarakat tetap di rumah,” katanya. Sebelumnya, Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan tim gabungan bakal memperketat pengawasan di kawasan perbatasan Jateng-DIY, tepatnya di Prambanan. Di samping itu juga dilakukan di Delanggu.

“Alun-alun Klaten kami tutup. Tidak ada konvoi, tidak ada dangdutan, dan tidak ada pesta kembang api. Kami imbau warga merayakan momentum pergantian tahun cukup di rumah masing-masing,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya