SOLOPOS.COM - Baliho berisi tulisan menyemangati PNS agar menjadi lebih baik terpasang di halaman pendapa Pemkab Klaten, Jumat (24/3/2017). (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

OPD Pemkab Klaten wajib memasang papan informasi anggaran.

Solopos.com, KLATEN–Setiap organisasi perangkat daerah (OPD) di Klaten harus memasang papan informasi anggaran yang dikelola untuk mewujudkan transparansi anggaran.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan pemasangan papan informasi terkait anggaran yang dikelola harus terealisasi. Papan transparansi anggaran itu juga harus dibuat oleh pemerintah kecamatan serta pemerintah desa/kelurahan dengan memasang anggaran pendapatan dan belanja desa di tempat-tempat strategis.

Ekspedisi Mudik 2024

Sri Mulyani menuturkan pada 2017 mayoritas pemerintah desa sudah memajang anggaran pendapatan dan belanja desa di tempat strategis. Sejumlah OPD juga telah memasang papan anggaran. (baca juga: Pemkab Klaten Siap Subsidi Pelajar Naik Angkuta)

”Saat saya menjadi pelaksana tugas bupati kan sudah saya tekankan tentang transparansi anggaran di seluruh OPD. Ini berlanjut. Selama saya memimpin harus dilaksanakan dengan membuat papan yang besar dan dipasang di tempat strategis,” kata Sri Mulyani saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis (8/3/2018).

Berdasarkan pantauan Solopos.com, kantor-kantor OPD termasuk pemerintah kecamatan hingga kini belum semuanya memasang papan informasi tentang dana APBD yang dikelola. Sri Mulyani menyatakan akan menegur OPD dan pemerintah kecamatan yang belum memasang pengumuman pengelolaan anggaran.

”Desa memang belum selesai [penyusunan anggaran pendapatan dan belanja desa]. OPD kami tekankan memasang papan itu. Ya, kalau ada OPD belum memasang, ya nanti saya tegur,” kata dia.

Pemasangan papan pengumuman pengelolaan anggaran itu termasuk upaya untuk mendongkrak skor akuntabilitas Pemerintah Kabupaten Klaten. Pemasangan papan informasi tersebut juga sebagai langkah mewujudkan keterbukaan informasi publik.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Sekretariat Daerah Kabupaten Klaten, Wahyudi Martono, mengatakan segera memasang papan informasi tentang penggunaan anggaran 2018 di OPD yang dia pimpin.

”Pekan depan Insya Allah dipasang. Kami tidak menutupi apa pun informasi terkait hubungan masyarakat. Apa pun informasi yang dibutuhkan masyarakat, terutama terkait hubungan masyarakat, kami siap menyampaikan,” ujar Wahyudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya