SOLOPOS.COM - Atlet renang nasional I Gede Siman Sudartawa menikmatan makanannya. (Antara-Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Asupan gizi menjadi hal mendasar yang harus diperhatikan dalam membentuk kekuatan otot, utamanya bagi para atlet. Makan yang dikonsumsi seseorang akan membentuk kekuatan ototnya.

Pakar nutrisi profesional di bidang olahraga, Emilia Achmadi, mengatakan membentuk kekuatan otot ditentukan oleh pilihan makanan yang dikonsumsi seseorang. "Untuk pembentukan dan kekuatan otot, fokus ditujukan pada jenis dan kuantitas karbohidrat serta protein. Untuk daya tahan tubuh, fokus akan tertuju pada protein dan mikronutrisi seperti vitamin C dan seng," kata Emilia dalam keterangan pers yang dikutip Kantor Berita Antara, Kamis (10/9/2020).

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Pelan-Pelan Saja Bicara Biar Partikel Corona Tak Tersebar!

Ekspedisi Mudik 2024

Emilia mengingatkan semua komponen nutrisi penting untuk perkembangan fisik. "Semua negara maju yang mendominasi di dunia olahraga dan atlet profesional yang menguasai podium internasional menerapkan program nutrisi tidak hanya pada masa karier mereka sebagai atlet elit profesional, tetapi juga pada saat mereka memulai karir sebagai atlet junior," lanjutnya.

Emilia juga tak menampik bahwa cita rasa menjadi salah satu faktor penting untuk membuat makanan yang sesuai dengan kebutuhan atlet dalam membentuk kekuatan. "Cita rasa menjadi salah satu faktor penting untuk seorang atlet mengingat jumlah kalori yang harus dikonsumsi setiap harinya," katanya.

Disponsori Ajinomoto

Produsen bumbu masak PT Ajinomoto Indonesia menerapkan sport science dalam program unggulan, Winning Meals Kachimeshi guna meningkatkan prestasi atlet di Indonesia. Winning Meals Kachimeshi itu meliputi dukungan pemberian menu makanan dan nutrisi yang disesuaikan dengan kebutuhan dari atlet dan juga disesuaikan dengan porsi latihan yang dijalani, mulai dari kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, dan lainnya.

Dibela 10X Entertaiment, Netizen Ragukan Kim Woo-Jin

Ajinomoto Indonesia sejak 2017 mendukung atlet renang nasional I Gede Siman Sudartawa dengan program Winning Meals Kachimeshi tersebut. Sudartawa dibantu dan dimonitor oleh pelatih Albert Sutanto dan ahli gizi profesional di bidang olahraga Emilia Achmadi.

Ajinomoto Indonesia belum lama ini juga meluncurkan website inspiratif kachimeshi-indonesia.com yang menawarkan beragam artikel inspiratif tentang perjuangan Siman dalam meraih juara dan diharapkan dapat menambah wawasan pembaca dan keluarga seputar gaya hidup seimbang bernutrisi yang juga aktif dan bahagia.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya