SOLOPOS.COM - Sejumlah pekerja melakukan perawatan jalan di jalur Eromoko-Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, Jumat (16/12/2016). (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Infrastruktur Wonogiri terus dibenahi khususnya jalan rusak.

Solopos.com, WONOGIRI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri mengklaim 85 persen jalan kabupaten di wilayah setempat sudah dibenahi. Pemkab menargetkan persoalan infrastruktur jalan di Wonogiri selesai pada 2018.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan tahun ini pembenahan jalan kabupaten jalur lingkar distrik sudah dilakukan. “Tahun ini 85 persen jalur distrik di kecamatan-kecamatan sudah selesai. Artinya masih ada 15 persen yang belum,” kata dia pada acara Sambang Kecamatan di Pracimantoro, Jumat (16/12/2016).

Dia mengatakan pembenahan jalan tersebut akan dilakukan secara bertahab. Joko menegaskan persoalan jalan yang rusak menjadi prioritas program pembangunan selama lima tahun ke depan.

Namun dia memperkirakan pembenahan jalan kabupaten tersebut akan selesai pada 2018. Melalui peningkatan kualitas infrastruktur diharapkan mampu mendorong meningkatnya kualitas perekonomian masyarakat.

Joko mengatakan pada 2017 direncanakan akan ada anggaran sekitar Rp300 miliar khusus untuk infrastruktur. Anggaran tersebut salah sayunya untuk membenahi jalan yang rusak.

Berdasarkan data dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Wonogiri memiliki 1.038,42 kilometer jalan kabupaten. Pada awal tahun 2016, sekitar 422,65 kilometer di antaranya dalam kondisi rusak. Sedangkan 43,51 kilometer dalam kondisi rusak parah.

Sementara berdasarkan data dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU), tahun ini pemkab melaksanakan pembenahan jalan di 164 ruas dengan panjang 321,983 kilometer. Anggaran prmbangunan jalan berasal dari APBD Wonogiri, bantuan provinsi dan bantuan pemerintah pusat.

Menurut Kabid Bina Marga DPU Wonogiri, Prihadi Ariyanto, kegiatan perawatan dan peningkatan jalan akan terus dilakukan secara berkesinambungan. “Sifatnya dinamis. Tahun ini kondisinya masih bagus, tapi tahun berikutnya mungkin sudah tidak,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya