SOLOPOS.COM - Pengendara melintas di jalan sekitar Waduk Gajah Mungkur yang dilebarkan. (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Infrastruktur Wonogiri, Pemerintah mempelebar jalan provinsi di sekitar Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Solopos.com, WONOGIRI–Proyek pelebaran jalan di ruas jalan provinsi Wonogiri-Wuryantoro, tepatnya dilingkungan Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) dimulai. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) berharap proyek tersebut selesai sebelum lebaran.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Kamis (24/3/2016), penggalian sisi jalan di ruas jalan provinsi tersebut sudah dilakukan. Namun penggalian baru dilakukan untuk sisi timur jalan. Lebar galian sekitar satu meter. Sedangkan panjang galian sekitar lima kilometer.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Wonogiri, Ismiyanto, menilai ruas jalan yang melintas di sekitar Objek Wisata WGM sudah tidak sesuai dengan jumlah kendaraan yang melintas di atasnya, terlebih saat lebaran. Untuk itu pada tahun lalu pihaknya telah mengajukan permohonan untuk dilakukannya pelebaran jalan di lokasi tersebut.

“Kemarin kami sudah melihat ke lokasi, ternyata sudah mulai ada kegiatan [pengerukan tepi jalan untuk pelebaran jalan],” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Kamis.

“Informasi yang kami dapat, jalur sepanjang 4,8 kilometer di lingkungan WGM di Desa Sendang, Wonogiri, akan dilebarkan dua meter,” kata dia.

Menurutnya pelebaran jalan sangat dibutuhkan terlebih saat arus lebaran. Untuk itu pihaknya berharap proyek tersebut dapat terselesaikan sebelum lebaran. Ismiyanto mengatakan jika jalan tersebut tidak segera dilebarkan maka akan berpotensi kemacetan. Jalur Wongiri-Wuryantoro adalah jalur utama menuju lokasi wisata WGM. Sedangkan pada musim liburan, lokasi wisata tersebut selalu ramai dikunjungi warga.

Kepala UPT Objek Wisata WGM, Pardiyanto, mengatakan untuk musim liburan tahun tahun baru ini, peningkatan jumlah pengunjung mencapai 1.000 orang. “Jumlah pengunjung mencapai 2.474 orang per hari atau meningkat sekitar 1.000 pengunjung dibanding liburan biasa,” kata dia belum lama ini.

Sementara itu Kepala Desa Sendang, Budi Hardono, menyambut positif kegiatan pelebaran jalan tersebut. “Tentu kami menyambut baik. Saat musim liburan khususnya lebaran, jalur lalu lintas menjadi padat, kadang juga ada yang memanfaatkan jalur kampung. Jika sudah dilebarkan, semoga jalur kampung lebih aman,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya