SOLOPOS.COM - Warga menyaksikan Sungai Bengawan Solo dari Jembatan Mojo, Semanggi, Pasar Kliwon, Minggu (19/6/2016), (istimewa/Nur Atmaja/SoloposFM)

Infrastruktur Solo, jembatan Mojo akan segera diperbaiki.

Solopos.com, SOLO — Jembatan Mojo di Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, akan diperbaiki mulai bulan depan. Selama perbaikan, jembatan yang melintang di atas Sungai Bengawan Solo itu akan ditutup dan arus lalu lintas dialihkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU dan PR) Kota Solo, Nur Basuki mengatakan Pemkot mengalokasikan anggaran sekitar Rp1 miliar di APBD 2017 untuk perbaikan jembatan Mojo.

“Usia jembatan Mojo itu sudah tua. Banyak mur baut yang longgar dan juga abutmen akan diperbaiki,” jelas dia ketika dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Kamis (6/7/2017).

Jembatan Mojo merupakan jembatan rangka baja satu-satunya yang dikelola Pemkot Solo. Sejak dibangun 1985, jembatan tersebut belum tersentuh perbaikan secara menyeluruh. Dia memperkirakan ada 30 persen bagian jembatan yang perlu dirawat.

Nur Basuki menjelaskan jembatan Mojo merupakan satu-satunya jembatan dengan rangka baja yang dikelola pemkot. Seluruh bahan pembuatan jembatan tersebut diimpor dari Australia.

Dari sisi fisik memang jembatan yang berada di jalan Kyai Mojo, Semanggi terlihat baik. Namun perawatan wajib dilaksanakan karena beban kendaraan yang melewati jembatan sudah tidak dapat terukur.

“Selama perbaikan nanti off traffic [tidak ada kendaraan yang boleh melintas],” kata dia. Namun demikian, dia memastikan penutupan jembatan hanya dilakukan selama pelaksanaan pembangunan saja. Artinya, jembatan tak ditutup selama 24 jam.

Kepala Seksi (Kasi) Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU dan PR) Solo, Joko Supriyanto mengatakan seluruh jembatan di Kota Bengawan mulai diinventarisasi ulang. “Inventarisasi melibatkan kalangan akademisi, seperti Falkutas Teknik UNS untuk melaksanakan inventarisasi jembatan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya