SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Kalangan DPRD Solo mendesak Pemkot segera menyelesaikan proyek jalan lingkungan yang mendapat kucuran dana dari APBD 2013 senilai Rp6 miliar. Dari tujuh paket jalan lingkungan yang mendapat alokasi APBD, baru tiga paket jalan yang dinyatakan rampung.

Sementara, empat paket lainnya hingga kini masih dalam proses lelang. Ketua Komisi II DPRD Solo, Djaswadi, menjelaskan di APBD 2013 mengalokasikan dana senilai Rp6 miliar untuk perbaikan sejumlah jalan lingkungan di Kota Bengawan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan hasil pantauannya yang dilakukan pekan lalu, tiga paket jalan yang sudah rampung tersebut di antaranya Jl. Bido, perbaikan sejumlah ruas jalur lambat Jl. Slamet Riyadi serta perbaikan Jl. Pattimura.

“Yang selesai baru tiga jalan itu. jadi, saat Lebaran nanti untuk empat paket jalan lainnya yang dilelang baru-baru ini, perbaikannya belum bisa dimulai,” ungkapnya saat dihubungi Solopos.com, Senin (5/8/2013).

Dijelaskannya, empat paket jalan lingkungan tersebut mencakup jalan lingkungan yang ada di lima kecamatan dengan kondisi rusak. Djaswadi mengakui terdapat proyek jalan yang gagal dilelang lantaran tak ada peserta lelang.

Gagalnya proses lelang tersebut lantaran harga material melambung dipengaruhi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Alhasil, kontraktor memilih mengurungkan niat untuk menggarap proyek yang masih menggunakan standardisasi harga sebelum BBM naik.

“Jl. Transito, Purwosari sudah dilelang tetapi gagal. Kontraktor menunggu harga baru, terutama aspal itu. Pemkot itu sebenarnya punya hak untuk merubah harga setiap triwulan,” kata dia.

Lebih lanjut, Djaswadi meminta pemkot melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) segera menyelesaikan perbaikan jalan lingkungan yang dibiayai APBD 2013 sebelum proses lelang perbaikan jalan lingkungan yang dibiayai APBD Perubahan dijalankan.

Selain itu, pihaknya berharap ada perubahan standardisasi harga material mengikuti harga saat ini. Hal itu dimaksudkan guna menarik minat kontraktor menggarap proyek jalan dan selesai sesuai target.

Ketua DPRD Solo, Y.F. Sukasno, juga mendesak agar DPU menyelesaikan lelang proyek empat paket jalan lingkungan. “Ya dinas terkait semestinya harus kerja keras. Apalagi nanti di APBD Perubahan ada rencana menganggarkan perbaikan seluruh ruas jalan lingkungan senilai Rp43 miliar itu. yang di APBD 2013 itu harus diselesaikan dulu daripada nanti tidak terkejar semua,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya