SOLOPOS.COM - Wali Kota Hendrar Prihadi (berbatik merah) meninjau salah satu proyek pembangunan infrastruktur Kota Semarang. (JIBI/Solopos/Antara)

Infrastruktur sirkuit di Mijen dijanjikan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi rampung 2019.

Semarangpos.com, SEMARANG — Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyebutkan pembangunan infrastruktur kota berupa Sirkuit Mijen Semarang untuk berbagai even balap ditargetkan rampung pada 2019 dengan beberapa kali tahap pembangunan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalau untuk lintasannya sudah 100% dikerjakan. Tahap kedua ini berupa pembangunan tribun, pintu gerbang, dan pembenahan paddock. Sekarang masih dalam proses lelang,” katanya di Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (23/3/2018).

Politikus PDI Perjuangan yang akrab disapa Hendi itu menjelaskan pembuatan Sirkuit Mijen tidak ada kaitannya dengan even Motocross Grand Prix (MXGP) 2018 yang menjadikan Semarang salah satu tuan rumahnya. Diakuinya, beberapa kali ia mendapatkan pertanyaan dari masyarakat mengenai belum rampungnya pembangunan Sirkuit Mijen pada tahun 2018 ini, padahal even motocross berskala internasional bakal digelar 7-8 Juli 2018.

“Saya sampaikan, Sirkuit Mijen dibangun dengan lintasan aspal. Tidak ada kaitannya dengan even MXGP nanti. Kalau MXGP 2018 kan even motocross dengan lintasan tanah,” kata orang nomor satu di Kota Semarang itu.

Untuk Sirkuit Mijen, kata dia, proses lelang pada tahun ini ditargetkan segera rampung sehingga bisa segera dikerjakan dan ditargetkan pada akhir tahun ini pembangunan tahap kedua sudah bisa selesai. “Kalau Sirkuit Mijen tahun ini masuk proses lelang dan direncanakan akhir tahun ini selesai. Tahun depan sudah sempurna dan bisa dipergunakan untuk berbagai even balap berlintasan aspal,” katanya.

Sedangkan sirkuit untuk even MXGP 2018, kata dia, lokasinya memang sama-sama di Mijen, namun menempati kawasan Bukit Semarang Baru (BSB) yang tidak jauh dari Sirkuit Mijen dan sekarang sedang digarap. Sebagaimana diberitakan Semarangpos.com, sirkuit motocross di BSB Mijen itu sudah mulai dibikinkan lintasan.

Meskipun belum rampung 100%, kata dia, Sirkuit Mijen Semarang sudah mau dipinjam untuk even kejuaraan nasional (kejurnas) roadrace yang rencananya digelar Mei 2018 untuk meramaikan HUT Ke-471 Kota Semarang. “Panitianya sudah ketemu saya. Saya bilang, bentuknya masih sederhana, acak-acakan, tribunnya juga belum. Kata mereka, enggak apa-apa, yang penting lintasannya sudah bisa dipakai,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya