SOLOPOS.COM - Proses pemasangan saluran jaringan air bersih oleh petugas PDAM Tirta Binangun di Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kulonprogo, Selasa (11/8/2015). (Harian Jogja/ Rima Sekarani I.N)

Infrastruktur Karanganyar, Kecamatan Gondangrejo masih butuh pembangunan infrastruktur.

Solopos.com, KARANGANYAR–Wilayah Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, masih membutuhkan sentuhan pembangunan berbagai sarana dan prasarana penunjang kemajuan wilayah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salah satu yang dibutuhkan masyarakat adalah jaringan pipa air bersih PDAM Karanganyar. Pendapat itu disampaikan Ketua Komisi A DPRD Karanganyar, Bagus Selo, Selasa (28/6/2016).

“Perkembangan Gondangrejo beberapa tahun ini belum diimbangi peran Pemkab. Persoalan yang belum teratasi yakni air bersih. Gondangrejo butuh jaringan air PDAM,” ujar dia.

Politikus PDIP itu menjelaskan wilayah Gondangrejo merupakan daerah untuk industri dan pemukiman. Untuk mendorong realisasinya masih dibutuhkan sarpras pendukung pembangunan.

Menurut dia, salah satu pandangan negatif terhadap Gondangrejo lantaran minimnya sumber air, dan belum adanya jaringan air PDAM. Air bersih warga dipenuhi dari sumur gali.

“Perumahan-perumahan yang di Gondangrejo biasanya menggunakan instalasi sumur dalam untuk satu perumahan. Akan lebih baik kalau sudah ada jaringan air bersih milik PDAM di sana,” kata dia. Berdasarkan Perda RTRW, peruntukan wilayah Gondangrejo memang untuk industri dan pemukiman. Masuknya investasi diharapkan meningkatkan kesejahteraan warga.

Camat Gondangrejo, Bambang Tri Hastaryo, mengatakan pembenahan infrastruktur terus dilakukan untuk mendukung pengembangan wilayah. Salah satunya ruas jalan Jetak-Ceplukan-Plesungan. Aktivitas ekonomi dan industri di pinggir jalan itu padat. Selain itu pembenahan juga dilakukan di jalan Mojosongo-Gondangrejo-Plupuh. Ada juga peningkatan jalan Selokaton-Jatikuwung-Jeruksawit.

“Pembenahan infrastruktur terus dilakukan. Dampaknya mendorong bertumbuhnya aneka usaha, dan industri,” terang dia.

Bambang optimistis pembangunan di Gondangrejo bakal semakin kencang tahun depan. Apalagi dua jalur vital di pinggiran Gondangrejo sedang ditingkatkan, yakni Jl. Lingkar Solo, dan Jl. Solo-Purwodadi.

Selain infrastruktur, Gondangrejo dinilai sudah saatnya memiliki sekolah dasar (SD) unggulan. Sekolah tersebut diproyeksikan untuk mewadahi semakin banyaknya jumlah anak di Gondangrejo. Fenomena itu seiring pertumbuhan perumahan di Plesungan, Wonorejo, Selokaton, Jatikuwung, dan Jeruksawit, yang makin santer. Mirisnya, beberapa SD Negeri di wilayah itu kekurangan murid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya