[ X ] CLOSE

INFRASTRUKTUR KARANGANYAR : Jalan Sangiran-Dayu Dibangun, Warga Berharap Ekonomi Terdongkrak

INFRASTRUKTUR KARANGANYAR : Jalan Sangiran-Dayu Dibangun, Warga Berharap Ekonomi Terdongkrak
SOLOPOS.COM - Truk menurunkan tanah uruk di dekat lokasi proyek Jembatan Sangiran, Gondangrejo, Karanganyar, Sabtu (12/9/2015). Tanah uruk digunakan untuk pemadatan jalur yang akan dibuat jalan penghubung Sangiran-Dayu. (Kurniawan/JIBI/Solopos)

Infrastruktur Karanganyar berupa jalan Dayu-Sangiran dibangun dan disambut positif oleh warga.

Solopos.com, KARANGANYAR – Warga menyambut positif proyek pembuatan jalan yang menghubungkan Museum Sangiran di Kalijambe, Sragen, dengan Klaster Dayu, Gondangrejo, Karanganyar.

Proyek bernilai Rp1,99 miliar tersebut diharapkan bisa berdampak sistemik terhadap perekonomian warga setempat. Pantauan solopos.com, Sabtu (12/9/2015), proyek pembuatan jalan sepanjang 1,4 kilometer tersebut dimulai tiga pekan terakhir .

Kadus Ngrawan, Krendowahono, Wahyudi, mengatakan, masyarakat menyambut positif pembuatan jalur penghubung Museum Sangiran. Apalagi jalan akan menjadi jalur utama wisatawan menuju Dayu.

“Kalau jalur ini sudah jadi, para wisatawan akan lewat jalan ini. Warga jadi mempunyai peluang usaha, dan kesempatan untuk meningkatkan ekonomi mereka. Maklum, mayoritas warga kami tergolong ekonomi lemah,” tutur dia.

Wahyudi menjelaskan sebagian warganya bekerja sebagai buruh serabutan. Kondisi lahan yang tandus tidak memungkinkan bagi warga untuk bercocok tanam. Kondisi tersebut diperparah dengan letaknya yang terbilang pelosok.

Sedangkan mandor proyek jalan Sangiran-Ngrawan, Margono, di lokasi proyek, mengatakan proyek tersebut dilaksanakan oleh CV Sari Makmur Karanganyar. Pengerjaan baru berjalan empat pekan.

Kontraktor diberi waktu 400 hari kalender untuk menyelesaikan proyek. “Saat ini baru tahap penyiapan dan pemadatan jalur. Semula jalan ini hanya selebar empat meter. Kami harus melebarkannya menjadi enam meter,” ujar dia.

Menurut Margono tidak ada kendala berarti selama pelaksanaan proyek. Masyarakat di sepanjang jalur proyek pun sangat mendukung terhadap proyek tersebut. “Warga di sini ramah-ramah, semua mendukung proyek ini,” sambung dia.

Margono menjelaskan pembuatan jalan penghubung antara Museum Sangiran dengan Klaster Dayu menggunakan APBD Karanganyar 2015 sebesar Rp1,99 miliar. Pembuatan jalan dilakukan menyusul pembuatan Jembatan Sangiran.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago