[ X ] CLOSE

INFRASTRUKTUR KARANGANYAR : Dapat DAU Rp11,4 Miliar, Jalan Malanggaten-Plalar dan Tuban-Wonosari Diperbaiki

INFRASTRUKTUR KARANGANYAR : Dapat DAU Rp11,4 Miliar, Jalan Malanggaten-Plalar dan Tuban-Wonosari Diperbaiki
SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono (membungkuk), meletakkan batu pertama pembangunan jalan di Gondangrejo, Selasa (12/9/2017). (Sri Sumi Handayani/JIBI/Solopos)

Infrastruktur Karanganyar, jalan Malanggaten-Plalar dan Tuban-Wonosari diperbaiki dengan DAU Rp11,4 Miliar.

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemkab Karanganyar mengerjakan perbaikan dan peningkatan dua ruas jalan mulai Selasa (12/9/2017). Dua ruas jalan tersebut yakni Malanggaten-Plalar di Kebakkramat dan Tuban-Wonosari di Gondangrejo.

Total anggaran untuk perbaikan dua ruas jalan itu mencapai Rp11,4 miliar dari dana alokasi umum (DAU). Pemkab Karanganyar memprioritaskan pembangunan dua ruas jalan itu karena merupakan akses ekonomi dan pertanian.

Pelaksana harian (Plh) Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Karanganyar, Titik Umami, menuturkan ada puluhan paket kegiatan selama satu tahun ini. Puluhan paket itu terbagi ke tiga bidang, yakni bina marga, cipta karya, dan sumber daya air (SDA).

Bina marga memiliki 80 paket kegiatan tetapi hanya separuh yang sudah dilelang. SDA memiliki 63 paket kegiatan dan 59 kegiatan sudah dilelang. Cipta karya memiliki 95 kegiatan dan 90 kegiatan telah dilaksanakan.

“Rata-rata sudah 40% pengerjaan. Optimistis selesai hingga akhir tahun. Kondisi jalan di dua proyek ini bervariasi. Yang parah di Gondangrejo,” kata Titik saat berbincang dengan wartawan di sela-sela peletakan batu pertama dua proyek peningkatan jalan, Selasa.

Pekerjaan dua proyek jalan itu diharapkan dapat menopang kegiatan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, peningkatan hasil pertanian, dan industri. Titik mengklaim Dinas PUPR sudah mengantisipasi agar kegiatan berjalan sesuai harapan dan rencana.

“Evaluasi tingkat persiapan, rencana, dan desain. Kami perhatikan risiko, makanya kerja sama dengan TP4D [Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah]. Semoga bermanfaat untuk masyarakat,” tutur dia.

Sementara itu, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, berharap pemenang lelang tidak main-main mengerjakan proyek di Karanganyar. Dia meminta pengembang fokus dan cekatan. Dia menyilakan seluruh pihak sebagai pengawas dengan catatan demi kemajuan pembangunan.

“Pemenang lelang, saya enggak punya kepentingan apa-apa. Cepat, fokus, cekat-ceket. Keburu hujan malah repot. Aja apalan ngaspal diakhirkan [jangan sesuai kebiasaan mengaspal jalan dilakukan di akhir tahun]. Golek bathi mu kakehan. Iki dinggo NKRI. Ben berkah [mencari untungmu terlalu banyak. Ini untuk NKRI. Biar berkah],” tutur Juliyatmono saat memberikan sambutan.

Yuli, sapaan akrabnya, meminta Dinas PUPR mengecek jalan dan jembatan di lokasi lain yang membutuhkan prioritas. Beberapa lokasi yang dia sebutkan, di antaranya jembatan dekat lokasi peningkatan jalan Malanggaten-Plalar dan jalan di Ngangkruk, Desa Selokaton, ke arah timur dibuat konstruksi beton.

“Akan kami perbaiki. Jalan di Gondangrejo itu perlu dilebarkan untuk mengurangi kecelakaan terutama di titik rawan.”

Berikut perincian paket pekerjaan perbaikan jalan Malanggaten-Plalar dan Tuban-Wonosari

Jalan Malanggaten-Plalar
– Lokasi: Kebakkramat/Mojogedang (penghubung antarkecamatan)
– Tingkat kerusakan: 35%
– Panjang pekerjaan: 5.400 meter
– Pekerjaan konstruksi: Pelebaran di kanan dan kiri jalan masing-masing 0,5 meter sehingga lebar jalan dari 3 meter menjadi 4 meter. Penguatan konstruksi badan jalan dengan membangun talut di sejumlah lokasi. Saluran beton bertulang sepanjang 600 meter untuk kelancaran drainase.
– Sumber dana: DAU Karanganyar 2017
– Nilai kontrak: Rp5,9 miliar
– Penyedia jasa: PT Rattan Priya Tanaya Klaten
– Masa pelaksanaan: 150 hari kalender
– Konsultan pengawas: CV Graha Citra Selaras

Jalan Tuban-Wonosari
– Lokasi: Gondangrejo
– Panjang pekerjaan: 3.190 meter
– Pekerjaan konstruksi: Pelebaran di kanan dan kiri jalan masing-masing 0,5 meter sehingga lebar jalan dari 4 meter menjadi 5 meter. Penguatan konstruksi badan jalan dengan membangun talut di sejumlah lokasi.
– Sumber dana: DAU Karanganyar Tahun 2017
– Nilai kontrak: Rp5,5 miliar
– Penyedia jasa: PT Dipomulyo Mas Semarang
– Masa pelaksanaan: 150 hari
– Konsultan pengawas: CV Graha Citra Selaras

Sumber: Bidang Bina Marga DPU PR Karanganyar.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago