SOLOPOS.COM - Ilustrasi kerusakan jalan (JIBI/Solopos/Antara)

Infrastruktur Karanganyar, masih ratusan kilometer jalan di Karanganyar rusak.

Solopos.com, KARANGANYAR–Data Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Karanganyar menyebutkan sepanjang 162,8 kilometer dari panjang total 875,71 kilometer jalan Kabupaten Karanganyar dalam kondisi rusak tahun 2015. Angka tersebut terdiri 136,6 kilometer jalan dalam kondisi rusak, dan 26,2 kilometer jalan rusak berat.
Sementara ruas jalan kabupaten yang dalam kondisi baik sekitar 53,1 persen atau 464,87 kilometer. Sedangkan jalan yang dalam kondisi sedang diperkirakan 28,3 persen atau 248 kilometer.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bidang Bina Marga DPU Karanganyar, Darmanto mengatakan jalan kabupaten terdiri 378 ruas. Mayoritas badan jalan di Bumi Intanpari berupa aspal, yaitu 635,7 kilometer atau 72,6 persen. Sedangkan badan jalan yang berupa penetrasi macadam 185,1 kilometer dan cor beton tercatat 54,8 kilometer.

Ekspedisi Mudik 2024

“Ini data terbaru, tahun 2015. Kami terus upayakan perbaikan,” kata dia, Senin (24/8/2015).

Darmanto menjelaskan ruas-ruas jalan kabupaten yang masih rusak tersebar di wilayah pinggir, seperti Jatiyoso. Dia berharap usulan penambahan anggaran perbaikan jalan lolos pembahasan dengan DPRD. Sehingga ruas-ruas jalan yang belum tersentuh perbaikan busa segera ditangani. Dalam pembahasan APBD Perubahan 2015 DPU mengusulkan tambahan anggaran Rp84,5 miliar.

Dalam APBD 2015 DPU Karanganyar mendapatkan alokasi anggaran Rp126,37 miliar. Sedangkan dalam APBD Perubahan 2015 DPU mengusulkan anggaran hingga Rp210,89 miliar. Anggaran sebesar itu dialokasikan untuk membiayai program dan kegiatan di bidang-bidang kerja DPU, termasuk Bidang Bina Marga. Di APBD 2015 Bidang Bina Marga mendapat alokasi Rp35 miliar. “Untuk usulan tambahan Rp84,5 miliar sifatnya masih gelondongan, belum dipecah per bidang. Sifatnya juga baru usulan,” imbuh dia.

Disinggung kerusakan Jalan Sanggrahan, Wonorejo, Gondangrejo, Darmanto mengaku sudah mengusulkan anggaran Rp3 miliar dalam APBD Perubahan 2015. Anggaran sebanyak itu untuk perbaikan Jalan Sanggrahan yang menghubungkan Wonorejo dengan Desa Jatikuwung. Usulan perbaikan Jalan Sanggrahan meliputi rencana perbaikan talut saluran air di pinggir jalan.
Terpisah, Wakil Bupati (Wabup) Karanganyar, Rohadi Widodo saat berkunjung ke Wonorejo, Gondangrejo, mengakui masih ada beberapa ruas jalan di Gondangrejo yang perlu diperbaiki. Walau menurut dia alokasi anggaran untuk wilayah tersebut cukup besar dua tahun terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya