SOLOPOS.COM - Ilustrasi kerusakan jalan. (JIBI/Solopos/Dok.)

Infrastruktur Jogja, perbaikan jalan segera dilakukan.

Harianjogja.com, JOGJA — Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Jogja melelang sembilan paket proyek perbaikan jalan senilai Rp24,6 miliar. Empat paket di antaranya di danai dari pemerintah pusat. Sisanya dari APBD Kota Jogja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Yang empat paket dari dana alokasi khusus [DAK] senilai Rp14,6 miliar sudah masuk lelang, dan akan mulai dikerjkan,” kata Kepala Bidang Bina Marga, PUPKP Kota Jogja, Umi Akhsanti, saat dihubungi Senin (20/3/2017).

Umi mengatakan keempat paket pengerjaan jalan itu adalah Jalan Imogiri Timur Umbulharjo sepanjang 1, 280 Kilometer, Jalan Veteran Umbulharjo sepanjang 1, 490 Kilometer, Jalan Rejowinangun Kotagede sepanjang 450 meter,  dan Jalan Melati Wetan-Wojo Umbulharjo 980 meter.

Sementara untuk proyek pengerjaan jalan yang akan didanai dari APBD Kota Jogja Rp10 miliar di antaranya tersebar di kawsan Patangpuluhan Wirobrajan, Balapan Gondokusuman, Gedongkiwo Mantrijeron dan Minggiran Mantrijeron. Proyek dari APBD ini baru akan dilelang.

Umi mengatakan sembilan jalan yang akan dierbaiki tersebut merupaka bagian dari 19 ruas jalan yang masuk dalam prioritas untuk diperbaiki sampai 2019 nanti. Proses perbaikan melibatkan sejumlah instansi Pemerintah Kota Jogja hingga kementrian, karena dalam prosesnya ada pengerjaan drainase.

Menurut dia, dengan adanya skala prioritas perbaikan sarana fisik jalan memudahkan dalam penganggaran, “Selanjutnya tinggal mengurutkan saja yang akan diperbaiki. Sisanya masih ada 10 proyek perbaikan jalan,” ujar Umi.

Ia menyatakan proyek pengerjaan jalan yang menjadi skala prioritas tidak hanya penebalan aspal. Namun juga menyasar pada perbaikan trotoar dan saluran air hujan (SAH). Umi menambahkan dalam dua tahun kedepan jika ada instansi lain yang akan membangun drainase dan harus membongkar aspal, pihaknya akan menunda perbaikan jalan agar pekerjannya tidak sia-sia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya