SOLOPOS.COM - Operator mengoperasikan alat berat untuk membersihkan longsoran tanah di jalur Solo-Selo-Borobudur (SSB) di Desa Genting, Cepogo, beberapa waktu lalu. (Akhmad Ludiyanto/JIBI/Solopos)

Perbaikan jalur Solo-Selo-Borobudur sudah selesai sehingga jalannya kini mulus.

Solopos.com, BOYOLALI — Betonisasi jalur Solo-Selo-Borobudur (SSB) sudah selesai. Jalur itu kini menjadi pilihan pengguna jalan dari Boyolali-Magelang atau sebaliknya pada musim libur Natal dan Tahun Baru.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

SSB wilayah Boyolali yang dimulai dari Kecamatan Boyolali hingga Kecamatan Selo sudah tertutup cor. Bahkan ruas Desa Paras hingga Desa Cepogo sudah diaspal sehingga jalan kian mulus.

Saat Solopos.com menyusuri jalur tersebut dari Kota Boyolali hingga kawasan Pasar Selo, pekan lalu, perjalanan cukup lancar. Jumlah kendaraan juga belum terlalu banyak sehingga menghemat waktu perjalanan. (Baca: Ini Perkembangan Perbaikan Jalur SSB Selo-Jrakah)

Namun, perjalanan sedikit terhambat di Jembatan Grawah, Cepogo, yang ambol beberapa waktu lalu. Kendaraan roda empat terpaksa bergantian menggunakan satu lajur jembatan darurat. Sedangkan pengguna roda dua melintas pada sisa jalan yang tidak ikut ambrol di sisi jembatan darurat.

Lepas dari kawasan jembatan itu, pengguna jalan dari kedua arah dapat melaju kembali dengan lancar. Sementara itu, tepi jalur SSB berbatasan langsung dengan tebing dan jurang. Di beberapa lokasi terdapat longsoran dengan skala kecil.

Salah satu pengawas proyek rehab SSB Sumarwan mengatakan pekerjaan pengecoran SSB sudah selesai sejak beberapa waktu lalu sehingga saat ini sudah siap menampung arus lalu lintas di musim liburan Natal dan Tahun Baru. (Baca: Tahun Ini, Jalur SSB Digelontor Rp36 Miliar)

Meski demikian, dia mengimbau pengguna jalan tetap mewaspadai ancaman longsor mengingat sebagian jalur SSB berbatasan langsung dengan tebing dan jurang. “Longsor tetap harus diwaspadai terutama pada saat hujan atau setelahnya,” ujarnya saat berbincang dengan Solopos.com di sela-sela penanganan longsor di jalur SSB di Desa Genting, Cepogo.

Sebagai informasi, pengecoran untuk perbaikan jalur SSB sepanjang sekitar 7 km itu dibiayai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (pemprov Jateng) melalui Dinas Binamarga Ciptakarya itu dan merupakan lanjutan dari proyek serupa pada 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya