[ X ] CLOSE

INFRASTRUKTUR BOYOLALI : Disperindag Belum Pastikan Jadwal Pembangunan Pasar Candirejo

INFRASTRUKTUR BOYOLALI : Disperindag Belum Pastikan Jadwal Pembangunan Pasar Candirejo
SOLOPOS.COM - Sederet kios di lantai dua Pasar Candirejo, Pengging, Banyudono, Boyolali masih banyak yang kosong, Kamis (10/5/2012). Direncanakan, pasar tradisional ini bakal dipindah. (JIBI/Solopos/Farida Trisnaningtyas)

Infrastruktur Boyolali, Pemkab belum memastikan pembangunan Pasar Candirejo, Pengging.

Solopos.com, BOYOLALI–Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Boyolali belum bisa memastikan kapan Pasar Candirejo, Pengging, Banyudono, akan dibangun di lokasi yang baru.

Apakah mulai 2017 atau setelahnya, Kepala Disperindag Boyolali, Suyitno, belum bisa memastikan. Begitu pula dengan rencana relokasi pedagang di Pasar Candirejo. “Kami masih berhitung dengan kemampuan anggaran daerah, jadi belum bisa kami pastikan apakah proyek relokasi bisa dimulai 2017 atau tidak,” kata Suyitno, saat berbincang dengan Solopos.com, Sabtu (10/9/2016).

Tahun ini, Disperindag masih menyelesaikan pembuatan detail engeneering design (DED). “Kami fokus selesaikan DED-nya dulu tahun ini.”

Suyitno bahkan belum bisa memastikan apakah anggaran proyek Pasar Candirejo sudah bisa diusulan pada pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017. Dia hanya memastikan anggaran untuk proyek tersebut cukup besar lebih dari Rp6 miliar.

“Semua nanti akan dibiayai APBD, tidak seperti Pasar Sambi yang dibiayai APBN,” ujar dia.

Soal lokasi pasar yang baru, Suyitno menyebut tiga alternatif yang diusulkan saat ini masih dirembuk. Seperti diketahui, ada tiga lokasi alternatif untuk merelokasi pasar yang akrab disebut Pasar Pengging, yakni sebelah selatan Dukuh Surobayan, sebelah timur Dukuh Pipa, dan timur Pasar Pengging saat ini. Saat ini, lahan-lahan tersebut masih digunakan untuk areal pertanian.

Kendati demikian, Camat Banyudono, Rita Puspitasari, menyampaikan berdasarkan hasil survei tim dari salah satu universitas terkemuka di Indonesia, lokasi baru yang cocok untuk merelokasi Pasar Candirejo adalah timur Dukuh Pipa, Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono.

“Saya ngikut saja, kalau memang bagus di timur Pipa, ya silakan. Saya hanya memfasilitasi. Yang jelas sekarang pedagang sudah paham terkait tujuan jangka panjang relokasi pasar dan mayoritas pedagang menyatakan sepakat dan siap relokasi,” kata Rita.

Sosialisasi kepada pedagang, kata dia, bahkan sudah mengarah pada mekanisme penggunaan/pembelian kios di lokasi pasar yang baru nantinya. “Berapa harga kios untuk pedagang lama kios dan berapa harga untuk pedagang baru, sudah dibahas. Kapan mereka mulai membayar juga sudah kami konsultasikan dengan Bupati [Seno Samodro],” papar Rita.

Dengan relokasi pasar, kawasan di Pasar Pengging akan dijadikan area publik. Sedangkan di lokasi yang baru, pasar akan dibangun lebih luas dari saat ini yang hanya satu hektare menjadi sekitar dua hektare.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago