SOLOPOS.COM - SDN Cimpon, Desa Tirtosari, Kecamatan Kretek tergenang banjir luapan sungai setinggi 50 centimeter, Jumat (1/12/2016). (Irwan A. Syambudi/JIBI/Harian Jogja)

Infrastruktur Bantul di bidang pendidikan mendpaat perhatian

Harianjogja.com, BANTUL--Sebanyak 18 ruang kelas Sekolah Dasar (SD) di Bantul direncanakan akan direhab tahun ini. Dengan anggaran sebesar Rp1,2 miliar lebih, pihak Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Bantul berencana akan melakukan perbaikan kelas yang dinilai berada dalam kondisi rusak berat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dikpora Bantul Totok Sudarto menjelaskan, anggaran itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat yang diturunkan ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bantul. Itulah sebabnya, pihaknya hingga kini masih menunggu Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis (Juklak dan Juknis) pelaksanaan program tersebut.

“Selama belum ada juklak dan juknis dari pemerintah pusat, kami belum berani melangkah. Biasanya, juklak dan juknis itu turun di bulan April,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (2/3/2017).

Barulah, setelah juklak dan juknis itu diterimanya, pihaknya akan segera melakukan verifikasi terhadap puluhan proposal yang masuk ke meja Disdikpora. Dari hasil verifikasi itulah baru bisa diketahui sekolah mana saja yang bakal menerima bantuan rehab kelas.

Jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, rencana rehab kelas untuk tahun ini memang tergolong yang terbanyak. Penentuan 18 ruang kelas itu didasarkannya pada usulan dan proposal yang diterimanya dari pihak sekolah.

Meski begitu, ia mengaku telah memprioritaskan beberapa sekolah. Salah satunya adalah SD Jejeran. “SD Jejeran itu kekurangan kelas. Dengan anggaran itu, kami akan rehab salah satu bangunan di sana menjadi kelas,” imbuhnya.

Selain itu, ia pun menilai ada sekolah yang juga diprioritaskannya, yakni SD Cimpon di Dusun Cimpon Desa Tirtosari, Kretek. Bahkan ia merencakan untuk memindahkan sekolah yang setiap tahunnya menjadi langganan banjir itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya