SOLOPOS.COM - Ilustrasi ojek. (Freepik).

Solopos.com, SUKOHARJO — Panitia Muktamar Muhammadiyah di Solo menyediakan bus gratis dan layanan ojek murah dengan nama OjekMu bagi penggembira muktamar saat pelaksanaan muktamar Jumat-Minggu (18-20/11/2022) mendatang.

Lokasi penjemputan akan disebar di halte ShuttleMu, tempat wisata, restoran, Pasar Klewer, tempat publik seperti bandara, dan stasiun. Selain tempat-tempat tersebut, OjekMu akan berada di lokasi para penggembira menginap.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Layanan OjekMu melibatkan 1.500-an pengemudi ojek pangkalan maupun warga Solo dengan mendaftar terlebih dulu kepada panitia. Tarif yang dikenakan yakni sebesar Rp10.000 untuk 5 kilometer pertama, dan Rp5.000 pada 5 kilometer selanjutnya.

Warga Muhammadiyah bisa mengakses OjekMu dengan menemui driver di pangkalan ojek dengan rompi khusus Muktamar, atau dengan aplikasi OjekMu.  Aplikasi tersebut masih tahap pengembangan, dan diprediksi selesai sebelum 17 November 2022.

“Kami buat khusus untuk Muktamar perekrutannya [pengemudi OjekMu] dari masyarakat umum, baik warga Muhammadiyah maupun non-Muhammadiyah, tidak membedakan,” kata Koordinator Transportasi Sie Penggembira Muktamar, Andika, pada Solopos.com, Sabtu (5/11/2022).

Baca juga: Muktamar Muhammadiyah di Solo 10 Hari Lagi, Ini Agenda dan Jadwal Lengkapnya

“Titiknya kami belum memetakan secara pasti, nanti setelah tanggal 10 November 2022 baru bisa kami tetapkan,” lanjut Andika.

Sebelumnya, panitia hanya membuka kuota pengemudi OjekMu untuk 1.000 orang. Namun karena antusiasme yang tinggi dari para pendaftar, mereka menambah kuota hingga 1.500 orang.

Saat pendaftaran, masyarakat akan dikenai biaya Rp25.000 dan mendapatkan rompi sebagai identitas. OjekMu nantinya melayani peserta maupun penggembira Muktamar Muhammadiyah dengan lokasi penjemputan di beberapa titik.

“Kami pikir semakin banyak semakin baik, karena membuka lapangan pekerjaan, dan penggembira Muktamar Muhammadiyah di Solo dapat terbantu,” lanjut Andika.

Sebelumnya diberitakan Panitia Muktamar Muhammadiyah di Solo juga menyediakan bus gratis bagi penggembira muktamar dengan rute Mangkunegaran hingga kawasan Waduk Cengklik Boyolali saat pelaksanaan muktamar Jumat-Minggu (18-20/11/2022) mendatang.

Baca juga: Catat! Ini Rute Lengkap Bus Gratis untuk Penggembira Muktamar Muhammadiyah

Bus gratis itu diberinama ShuttleMu, sementara ojek diberinama OjekMu. ShuttleMu berkonsep seperti bus Batik Solo Trans (BST). Jam operasional Bus gratis ShuttleMu dimulai pukul 08.00 WIB – pukul 16.00 WIB.

Rute yang dilayani oleh bus gratis bagi penggembira Muktamar Muhammadiyah di Solo pada jam tersebut yakni dari De Tjolomadoe-Edutoirum-Manahan-Mangkunegaran-Pasar Klewer dan rute Edutorium-Kampus UMS.

Berhenti sekitar satu jam, perjalanan ShuttleMu dilanjutkan pada pukul 17.00 WIB – pukul 21.00 WIB. Rute pada jam tersebut yakni  melayani jalur De Tjolomadoe- Edutorium-UMS-The Heritage Palace-Waduk Cengklik Park.

Panitia akan menyiapkan 30 unit bus dengan kapasitas kurang lebih 45 orang atau 35 tempat duduk. Penggembira muktamar dapat mengakses SuttleMu tanpa dikenai biaya dengan syarat menggunakan ID card atau atribut Muhammadiyah.

Berbeda, untuk ShuttleMu atau ojek murah ini panitia menyediakan 1.500an ojek dengan lokasi penjemputan di beberapa pusat keramaian.

Baca Juga: Warga Muhammadiyah di Mesir dan Malaysia Pastikan Hadiri Muktamar di Solo

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya