SOLOPOS.COM - Ilustrasi perbaikan rel kereta api. (JIBI/Solopos/Antara/Fikri Yusuf)

Info mudik di wilayah DIY, stasiun dan perlintasan kereta api di Jogja dijaga polisi dan TNI

Harianjogja.com, JOGJA- Seluruh stasiun kereta api di wilayah Daop 6 Jogja siap menyambut kedatangan para pemudik. Tidak hanya stasiun, Bandara Adisutcipto Jogja juga bersikap demikian.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Daop 6 Jogja, Wiwik Widayanti mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan sarana dan prasarana untuk menyambut kedatangan pemudik ke Jogja. Untuk segi keamanan, pihaknya juga menjalin kerjasama dengan pihak TNI dan Polri.

“Semuanya sudah siap, termasuk tiket dan perubahan yang akan diterapkan di Stasiun Tugu. Semuanya siap dan berjalan lancar,” ujarnya usai melakukan pengecekan jalur perlintasan kereta api, Senin (29/6/2015).

Pengecekan kesiapan jalur kereta api jelang mudik tersebut dilakukan oleh Kapolda DIY Brigjen Pol Erwin Triwanto dan Danrem 072/Pamungkas Jogja Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono. ?Bersama TNI dan Polri, pihaknya menyiagakan 300 personilnya di seluruh titik-titik rawan di Daop 6. Termasuk di stasiun-stasiun? dan pintu-pintu perlintasan KA.

Dia menjelaskan, di DIY terdapat 98 perlintasan. Dari jumlah tersebut hanya 42 pintu yang dijaga sementara 48 pintu perlintasan resmi lainnya belum dijaga dan terdapat delapan perlintasan liar. “Di perlintasan yang belum dijaga, kami memasang rambu dan spanduk serta masinis diminta membunyikan terompet lokomotif,” katanya.

Sementara, Manager Corporate Communication PT KAI (Persero) Daop 6 Jogja mengatakan pantauan arus mudik moda transportasi KA akan dilakukan mulai 2 Juli mendatang. “Kami memprediksi puncak arus mudik untuk transportasi KA terjadi pada H-1 mendatang. Sementara, sampai saat ini tiket arus mudik masih tersedia, belum 100% terserap,” katanya.

Sama halnya dengan PT KAI, kesiapan menyambut para pemudik juga dilakukan PT Angkasa Pura Bandara Internasional Adisutjipto. Otoritas bandara bahkan mempersiapkan 21 penerbangan tambahan untuk menghadapi arus mudik Lebaran 2015. Diperkirakan, arus mudik dimulai H-12 hingga H+9.

“Sejumlah persiapan dilakukan mulai extra flight keamanan bandara, monitoring data serta posko kesehatan bagi penumpang,” ujar Kepala Humas PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Jogja Edwin Wibowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya