SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi. (Reza Fitriyanto/JIBI/Solopos)

Info mudik di DIY, PMI akan mendirikan 21 posko

Harianjogja.com, JOGJA– Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan 21 Pos Komando Siaga Lebaran 2015 beserta 21 ambulans di sepanjang jalur mudik di daerah setempat mulai 10-24 Juli 2015.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Berkaitan dengan perlunya pertolongan pertama untuk para pemudik yang kemungkinan mengalami kecelakaan, kami menyiapkan 21 pos komando [posko] dengan melibatkan seluruh PMI se-DIY, kata Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Warjiyani di Jogja, Senin (6/7/2015).

Ia mengatakan, posko siaga yang dimulai pada H-7 hingga H+7 Lebaran 2015 tersebut bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY dan kabupaten/kota, kepolisian, Dinas Perhubungan, pemadam kebaran serta Organisasi Radio Amatir Indonesia (ORARI).

Posko siaga tersebut akan melibatkan relawan, perawat, dan dokter yang akan siaga bersama dengan Balai Pengobatan 24 jam PMI DIY.

Menurut Warjiyani, relawan yang disiagakan sudah memiliki pengetahuan dan kemampuan pertolongan pertama pada kecelakaan, sementara ambulans sesuai dengan durasi waktu yang bervariasi dari masing-masing PMI kabupaten/kota.

Ia menyebutkan, 21 posko siaga PMI itu antara lain lima posko dari PMI Kota Jogja yang akan didirikan di Terminal Giwangan, Stasiun Tugu, Stasiun Lempuyangan dan Kebun Binatang Gembira Loka, dan Markas PMI Kota Jogja.

PMI Kabupaten Sleman menyiapkan posko di enam titik yakni yakni di Markas PMI Sleman, Terminal Jombor, Pos Tempel, Pos Pakem, Prambanan, dan Depok.

Adapun PMI Kabupaten Bantul akan membuka posko di tiga lokasi yakni Markas PMI Bantul, Pos Madukismo, Pos Gabusan.

PMI Kabupaten Kulonprogo menyiapkan posko di tiga titik yaitu di Markas PMI Kulonprogo, Pos Terminal Wates, dan Pos Timbangan Kuwaru.

Sedangkan, PMI Kabupaten Gunungkidul akan menyiapkan posko di tiga titik, yaitu di Markas PMI Gunungkidul, Pos Playen, dan Pos Paliyan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya