SOLOPOS.COM - Ilustrasi arus mudik (JIBI/Bisnis/Dok.)

Info mudik dari Kantor Berita Antara menyebutkan telah terjadinya antrean kendaraan para pemudik Lebaran di pantura Jawa, Sabtu (9/7/2016) malam.

Semarangpos.com, BREBES  — Orang-orang udik mulai kembali ke tanah perantauan mereka seusai berlebaran di kampung halaman. Puncak fenomena menghilir atau milir itu dilaporkan Kantor Berita Antara yang memantau pantai utara (pantura) Pulau Jawa terjadi Sabtu (9/7/2016) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Info mudik yang dipublikasikan Kantor Berita Antara menjelang Sabtu tengah malam itu menyebutkan puncak arus milir para pemudik di pantura Jawa itu ditandai dengan antrean panjang dari Semarang menuju Palimanan. Kondisi itu terpantau juga saat kendaran para perantau itu memasuki Kendal, Batang, Pekalongan, Pemalang, dan Tegal.

Ekspedisi Mudik 2024

Pantauan Antara di lapangan, sejak Sabtu sore arus milir atau balik para pemudik Lebaran 2016 itu terlihat tak terputus mulai 5 km sebelum mereka memasuk Kabupaten Batang. Sejumlah tempat istirahat seperti pom bensin di depan Hotel Dewi Ratih, dan pos terpadu di Kantor Bupati Batang, lebih banyak dipenuhi kendaraan dibanding sehari sebelumnya.

Ketika memasuk Pekalongan, antrean cukup panjang terjadi sampai 10 km selepas Kota Pekalongan. Namun para pemudik itu hanya perlu waktu 35 menit untuk lepas dari kemacetan di Kota Pekalongan karena sejumlah perpotongan arus diberi barikade dan polisi tetap berjaga di setiap persimpangan.

Pengendara perlu waspada selepas Pekalongan, karena mulai banyak perpotongan dengan arus kendaraan lokal yang memutar atau memotong arus. Banyak barikade yang sudah dibuka, namun tidak semua dijaga petugas, jadi perlu kewaspadaan untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depannya.

Akibat supir kurang antisipasi di lokasi perpotongan arus, satu kendaraan minibus menabrak kendaraan lain di depan Hotel Dian Candra Pekalongan, sekitar pukul 20.30 WIB dan sempat menimbulkan hambatan arus balik menuju Jakarta.

Memasuki Kota Tegal, kendaraan arus balik juga padat merayap namun tidak ada kemacetan yang berarti sampai pintu Tol Brebes Timur. Polisi memberlakukan satu arah di pintu jalan tol Brebes Timur untuk kendaraan yang akan ke Palimanan sementara pintu jalan tol Brebes Barat digunakan untuk mengalihkan semua kendaraan yang datang dari Palimanan menuju jalur Pantura.

Sejumlah pedagang menjelang pintu jalan tol itu mengumbar info, arus milir atau balik para pemudik Lebaran 2016 sejak sehari setelah libur Idulfitri 1437 H sudah padat merayap, namun tidak sampai terjadi kemacetan parah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya