SOLOPOS.COM - Ilustrasi kepadatan arus kendaraan. (JIBI/Solopos/Dok.)

Info mudik 2016 dari Bantul, Polres mengimbau warga lapor RT

Harianjogja.com, BANTUL – Kepolisian Resor Bantul, mengimbau kepada warga Bantul yang akan pergi mudik untuk melapor kepada ketua RT setempat guna meningkatkan keamanan rumah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain itu anggota kepolisian Poles Bantul juga akan menggiatkan patroli di seluruh wilayah  Bantul untuk memastikan keamanan dan menghindari adanya tindakan kriminal di tempat tinggal yang ditinggal penghuninya pergi ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran.

Kapolres Bantul AKBP Dadiyo mengatakan, Pihaknya telah berkordinasi dengan pihak terkait demi meningkatkan keamanan bagi warga Bantul. “Giat patroli ditempat-tempat rawan terjadi tindakan kriminal akan dilakukan terus menerus,” katanya, Senin (4/7/2016).

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan pulang kampung atau mudik untuk memastikan meninggalkan rumah dalam keadaan terkunci, lebih baik lagi jika melapor ke pengurus RT agar dapat diketahui bahwa rumah yang ditinggalkan dapat dijaga saat kegiatan Poskamling.

“Kami mengimbau agar masyarakat memastikan rumah dalam keadaan terkunci saat ditinggal, melapor ke ketua RT atau petugas keamanan, supaya bisa membantu memantau kondisi rumah. Kemudian pastikan untuk matikan listrik dan melepas regulator gas untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan,” tegasnya.

Selain wilayah perkampungan dan perumahan yang ditinggal mudik, keamanan juga ditingkatkan oleh Polres Bantul di beberapa lokasi seperti pusat perbelanjaan dan lokasi-lokasi wisata.

Menurut dia, untuk Operasi Ramadniya dalam rangka pengamanan arus mudik dan balik Lebaran tahun ini, pihaknya telah menerjunkan sebanyak 450 personel kepolisian dengan dibantu oleh pihak terkait seperti TNI, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan pramuka.

“Untuk memberikan pelayanan bagi para pemudik kami membangun lima posko pengamanan [pospam] dan satu pos pelayanan [posyan]. Masing-masing Pospam antara lain Pospam Ketandan, Pospam Piyungan, Pospam Sedayu, Pospam Kretek dan Srandakan. Sementara Posyan ada di Gabusan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya