SOLOPOS.COM - Kendaraan pemudik antre menuju gerbang exit tol Pejagan-Brebes Timur, Jawa Tengah, Sabtu (2/7/2016). Puncak arus mudik pada H-4 Lebaran volume kendaraan yang melintas tol meningkat dibandingkan H-5 dan mengakibatkan kemacetan panjang di pintu keluar tol tersebut. (JIBI/Solopos/Antara/Oky Lukmansyah)

Info mudik dari Kantor Berita Antara menyebutkan antrean 3 km di pintu jalan tol Brebes Timur pada hari kedua Lebaran 2016.

Semarangpos.com, BREBES — Arus mudik belum berakhir meski Kamis (7/7/2016) ini sudah memasuki hari kedua Lebaran 2016. Antrean kendaraan menjelang gerbang jalan tol di Brebes Timur dilaporkan kembali macet sepanjang 3 km.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kemacetan yang terjadi di pintu jalan tol di Brebes Timur, Kamis itu, bahkan dilaporkan Kantor Berita Antara lebih padat ketimbang sehati sebelumnya. Pada hari Idulfitri 1437 H, antrean kendaraan keluar jalan tol itu paling panjang hanya 500 m.

Pantauan Antara yang ikut masuk jalan tol itu, Kamis, antrean panjang itu terjadi pada pukul 11.20 WIB dan terus mengular sampai pertemuan dengan jalur jalan pantai utara (pantura) Pulau Jawa. Demi mengurai kemacetam polisi masih melakukan pembagian arus kendaraan dari arah jalan tol dan arah pantura.

Sebelumnya, arus lalu lintas di ruas jalan sejak pintu tol Mertapada di Kanci itu dilaporkan telah lancer kembali. Kendaraan bisa melaju bebas, bahkan saat masuk Tol Pejagan-Brebes situasi menjadi lebih lengang.

Nyatanya, di luar perkiraan, menjelang 4 km tersisa dari jalur jalan tol itu, kendaraan mulai melaju tersendat dan 1 km kemudian barulah benar-benar kendaraan antre menuju gerbang tol yang dibuka enam loket pembayaran dan empat loket sayap.

Butuh waktu 50 menit sampe loket pembayaran dan butuh waktu 40 menit lagi untuk lepas masuk jalur pantura. Dengan kondisi itu, pemudik yang akan ke Semarang lebih baik keluar melalui pintu jalan tol Brebes Barat yang lebih lengang dan terus bergabung dengan Jalur Pantura di Klampok.

Keadaan ini berbeda dengan pintu Tol Pejagan yang antrean kendaraan hanya lima ratus meter menjelang pertemuan dengan jalur alternatif Pejagan-Prupuk. Di jalur alternatif itu, situasi kemacetan sudah mencair dan keadaan masih tetap ramai lancar.

Pantauan lain, sampah masih tampak berserakan di jalur jalan tol itu. Sejak Km 234, sampah makin parah berserakan. Beberapa pemulung tampak memunguti sampah botol plastik sampai berkarung-karung. Tampak juga dua orang yang masih menjajakan Pertamax bagi pemudik di dekat gerbang tol.

Kondisi lalu lintas Tol Kanci-Brebes berbeda dengan sehari sebelumnya yang terlihat sangat lengang bahkan pada Rabu (6/7/2016) siang sekitar pukul 11.00 WIB antrean hanya lima sampai enam kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya