[ X ] CLOSE

INFO MUDIK 2016 : Mau ke Solo-Jogja, Lalu Lintas Delanggu Klaten Dialihkan

INFO MUDIK 2016 : Mau ke Solo-Jogja, Lalu Lintas Delanggu Klaten Dialihkan
SOLOPOS.COM - Kendaraan berhenti di traffic light simpang tiga Prambanan, Minggu (3/7/2016) siang. Kondisi arus lalu lintas pada H-3 Lebaran di Klaten masih ramai lancar. (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Info mudik 2016 terjadi kepadatan di Delanggu Klaten.

Solopos.com, KLATEN – Arus lalu lintas di wilayah Klaten pada H-3 Lebaran atau Minggu (3/7/2016) mulai menunjukkan peningkatan. Sementara itu, pengalihan jalur sempat dilakukan di ruas jalan raya Jogja-Solo.

Kasatlantas Polres Klaten, AKP Kemas Indra Natanegara, mengatakan pengalihan jalur dilakukan di wilayah Delanggu. Kendaraan yang melintas dari Klaten menuju ke Solo diarahkan melintasi jalur lingkar Delanggu.

Hal itu dilakukan setelah banyak warga memadati pusat perbelanjaan wilayah Kecamatan Delanggu hingga membuat kondisi arus lalu lintas di jalur utama padat. “Kami terapkan pengalihan arus lalu lintas ke jalur lingkar Delanggu karena kondisi jalur utama padat. Pengalihan ya hanya sekitar 15 menit saja,” kata Kasatlantas, Minggu.

Terkait kondisi arus lalu lintas Kemas menjelaskan pada Minggu mulai menunjukkan peningkatan. “Untuk kondisi arus lalu lintas masih ramai lancar. Untuk kepadatan masih terjadi di pusat perbelanjaan,” ungkap dia.

Diperkirakan, jumlah pemudik yang mengendarai kendaraan pribadi melintas di wilayah Klaten terus mengalami peningkatan mulai Minggu (3/7) sore hingga malam. “Yang jelas, rekayasa lalu lintas sudah kami siapkan jika sewaktu-waktu arus lalu lintas padat,” katanya.

Kepala Pos Pelayanan Lebaran di Prambanan, AKP Danang Eko Purwanto, mengatakan kondisi arus lalu lintas di Prambanan masih normal meski ada peningkatan jumlah kendaraan yang melintas. “Arus lalu lintas ada peningkatan tetapi masih normal. Beberapa pemudik sudah masuk wilayah Klaten terutama dari barat atau Jogja,” katanya.

Direktur Tahanan dan Barang Bukti Polda Jateng, AKBP Eko Sumardiyanto, memperkirakan arus lalu lintas mengalami peningkatan siginifikan mulai Minggu malam. “Dari pantauan kami ke pusat-pusat perbelanjaan dan terminal masih sepi. Barangkali melonjak pada Minggu sore atau malam,” jelas Eko saat ditemui di Pos Pelayanan Prambanan, Minggu.

Sementara itu, berdasarkan data di Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, jumlah kendaraan yang melintas di Klaten pada Minggu pagi hingga pukul 12.00 WIB mencapai 41.178 unit. Kendaraan itu terdiri dari 20.099 sepeda motor, 10.540 kendaraan roda empat, serta 10.539 unit kendaraan lainnya seperti bus, truk, dan angkutan umum lainnya.

“Jika dibandingkan pada hari dan jam yang sama arus mudik 2015 lalu, ada penurunan jumlah kendaraan yang melintas sekitar 11 persen. Pada lebaran lalu, jumlahnya mencapai 46.432 kendaraan,” kata Kabid Angkutan Dishub Klaten, Joko Suwanto.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago