SOLOPOS.COM - Ilustrasi macet musim mudik Lebaran. (JIBI/Solopos/Antara/Rosa Panggabean)

Info mudik 2016 dari Kabupaten Semarang menyebutkan telah disiapkan beberapa jalur alternatif.

Semarangpos.com, UNGARAN Sudah menjadi kelaziman jika setiap libur Lebaran arus lalu lintas di berbagai daerah di Jawa Tengah (Jateng) mengalami pelonjakan yang signifikan. Kondisi ini tak lain karena banyaknya para pengguna kendaraan yang melakukan tradisi mudik, termasuk saat Lebaran 2016.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Lonjakan kendaraan ini pun membuat arus lalu lintas di beberapa daerah yang semula normal menjadi macet. Oleh karenanya, tak jarang dari para pengguna kendaraan itu mencari jalan pintas atau jalur alternatif agar busa sampai ke tempat tujuannya tanpa terjebak macet.

Nah, di Kabupaten Semarang ada beberapa jalur alternatif yang disiapkan bagi para pemudik agar terhindar dari macet. Dari data yang diperoleh Semarangpos.com dari Polres Salatiga, medio Juni 2016, ada empat jalur alternatif yang disiapkan dengan tujuan yang berbeda-beda. Berikut perinciannya:

  1. Alternatif Semarang ke Solo
    Selama ini Kabupaten Semarang memang acapkali menjadi perlintasan kendaraan dari arah Semarang ke Solo, baik yang melalui jalan tol maupun yang tidak.
    Untuk yang tidak melalui tol, para pengguna kendaraan harus melalui wilayah Ungaran atau Jl. Soekarno-Hatta. Namun di masa Lebaran, arus lalu lintas di jalan itu diprediksi bakal melonjak. Untuk itu, pihak Polres Salatiga pun telah menyiapkan jalur alternatif, pertama, yakni melalui Ungaran-Kalirejo-Ngobo-Bergas, yang total jaraknya mencapai 10,4 km.
    Setelah melintasi Bergas, para pemudik akan kembali dihadapi kemacetan di wilayah Tuntang. Untuk itu, pemudik bisa mengambil jalur alternatif ke utara yakni melewati, Tuntang-Karanglo-Pabelan dan masuk ke Salatiha, dengan total jarak mencapai 10,5 km.
  1. Semarang-Magelang/Temanggung
    Selain ke arah Solo, banyak pemudik dari arah Semarang yang memiliki tujuan ke Magelang atau Temanggung. Jika tidak melewati tol, pemudik bisa menghindari kemacetan dengan melewati jalur alternatif melalui Bandungan menuju Sumowono, kemudian melewati jalur utama ke Temanggung atau Magelang. Jalur alternatif ini jarak totalnya mencapai 39 km.
  2. Semarang-Kendal-Temanggung
    Untuk pemudik yang menuju ke arah Kendal atau Temanggung dari Ungaran, pihak Polres Semarang telah menyiapkan jalur alternatif, yakni melewati Bandungan atau Jambu, lalu menuju Sumowono, hingga ke Kendal/Temanggung. Jarak jalur alternatif ini mencapai 11,5 km.
  3. Semarang-Sragen
    Jalur alternatif dari Semarang ke Sragen terletak di wilayah Salatiga. Jika menggunakan sepeda motor, pemudik bisa melalui Tingkir-Suruh-Karang Gede-Gemolong, kemudian Sragen. Jalur alternatif ini berjarak sekitar 14,8 km.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya