SOLOPOS.COM - Ilustrasi palang pintu perlintasan jalur jalan KA. (JIBI/Bisnis/Dok.)

Info mudik dari PT KAI Daops IV Semarang menyebutkan pengintensifkan pengamanan perlintasan jalur jalan sebidang dengan jalan kereta api alias palang sepur selama masa mudik Lebaran 2016.

Semangpos.com, SEMARANG — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) IV Semarang mengemukakan komitmen mengintensifkan pengamanan perlintasan-perlintasan jalur jalan sebidang dengan jalur kereta api alias palang sepur selama musim mudik Lebaran 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Di Kota Semarang ini, ada sekitar 4-5 perlintasan sebidang yang rawan macet. Kami akan tempatkan petugas berjaga,” kata Kepala PT KAI Daops IV Semarang Andika Tri Putranto di Semarang, Jumat (24/6/2016). Pernyataan tersebut diungkapkan Andika Tri Putranto seusai Apel Gelar Pasukan Posko Angkutan Lebaran 2016 yang digelar di Stasiun Tawang, Kota Semarang menyambut momentum arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Para petugas, kata dia, akan ditempatkan di palang-palang sepur dan titik-titik rawan gangguan dan bencana alam untuk menjaga kelancaran dan keamanan perjalanan kereta api (KA). “Kami akan bekerja sama dengan instansi terkait, seperti pemerintah daerah dan aparat keamanan untuk menjaga keselamatan di perlintasan sebidang, atau yang berpotongan dengan jalan raya,” katanya.

Berdasarkan aspek prasarana, PT KAI menurut dia, selalu menyiapkan alat material untuk siaga (AMUS) di titik-titik yang dianggap rawan gangguan perjalanan KA, seperti banjir dan tanah longsor. Pemeriksaan secara ekstra, lanjut dia, dilakukan di seluruh jalur KA dan perondaan di lintasan-lintasan pada waktu rawan bekerja sama dengan Dishubkominfo, TNI, Polri, dan jajaran terkait lainya.

“Ya, mungkin di perlintasan-perlintasan sebidang yang berada pada titik tertentu akan lebih banyak petugas dari kepolisian dan perhubungan (Dishubkominfo) sebagai tanggung jawab bersama,” katanya.

Sementara itu, Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Gatut Sutiyatmoko dalam info mudik 2016 yang disampaikannya menyebutkan setidaknya ada 553 perlintasan KA di wilayah itu, baik sebidang, tidak sebidang, maupun perlintasan liar. Perinciannya, kata dia, 106 perlintasan yang dijaga petugas, 334 perlintasan resmi dengan rambu-rambu, kemudian 18 perlintasan tidak sebidang, dan 95 titik merupakan perlintasan liar.

“Rambu-rambu di perlintasan itu sudah dipasang untuk mengamankan arus mudik dan balik Lebaran ini,” ujarnya memungkasi info mudik Lebaran 2016 terkait komitmen KAI Semarang mengamankan palang-palang sepur di wilayah setempat.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya