SOLOPOS.COM - Pengendara di Jalan Sudirman Sukoharjo mengikuti jalur alternatif baru dengan melintasi Jalan Pemuda. (Ika Yuniati/JIBI/Solopos)

Info mudik 2016, Polres Sukoharjo mengalihkan arus lalu lintas di Jl. Jenderal Sudirman depan Pasar Ir. Soekarno.

Solopos.com, SUKOHARJO–Satlantas Polres Sukoharjo memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem satu arah dari utara ke selatan di Jalan Jenderal Sudirman. Aturan ini diberlakukan mulai Pasar Ir Soekarno hingga pertigaan depan Bank Bukopin.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kendaraan yang berasal dari arah selatan yaitu Proliman Sukoharjo dilarang melintasi pasar. Dari pertigaan Bank Bukopin kendaraan dialihkan ke arah barat melewati Jalan Pemuda.  Dari Jalan Pemuda, kendaraan yang akan menuju Solo diarahkan untuk melalui Jalan Veteran dan Gatot Subroto yang merupakan jalur alternatif Sukoharjo – Solo.

Sementara kendaraan menuju kawasan Kantor Pemkab Sukoharjo diarahkan ke Jalan Jaksa Agung R Suprapto yang bermuara di perempatan lampu merah dekat SMK Negeri 1 Sukoharjo. Kendati sudah diberlakukan rekayasa lalu lintas, kendaraan roda empat menumpuk di depan Pasar Ir Soekarno pada Rabu (6/7/2016) siang. Antrean panjang kendaraan dari arah utara tersebut terjadi dari Pasar Ir Soekarno hingga proliman.

Meskipun diberlakukan sistem satu arah, kendaraan roda dua dari selatan menuju utara masih diizinkan melintasi pasar. Larangan hanya berlaku untuk pengendara roda empat.

Kapolres Sukoharjo AKBP Ruminio Ardano saat dimintai konfirmasi terkait pengalihan arus mengatakan hal itu dilakukan untuk menghindari kemacetan di tengah kota. Utamanya di sekitar Pasar Ir Soekarno. Saat lebaran pihaknya mengantisipasi kemacetan di titik-titik vital seperti pasar dan tempat wisata. Berhubung Sukoharjo belum memiliki objek wisata besar, maka konsentrasi kemacetan difokuskan pada pasar.

Mengingat saat Lebaran volume kendaraan yang melintasi jalan raya semakin meningkat. Mereka berlalu lalang untuk silaturahmi ke kerabat dan saudara. Ditambah tumpahan kendaraan pemudik yang mulai memasuki wilayah Jawa Tengah.  Selain Pasar Ir Soekarno, kawasan Telukan dan bundaran Kartasura menurutnya juga rawan kemacetan. “Kami selalu berusaha mengurai kemacetan. Kalau di Bundaran Kartasura sampai hari ini masih terkendali dengan baik,” kata dia.

Sementara itu Kapospam 3 Bundaran Kartasura, Iptu I Ketut Sukira, sempat menyatakan kondisi lalu lintas di Kartasura aman. Kemacetan hanya terjadi pada jam tertentu utamanya sore hari. Namun hal itu bisa segera diurai. Jika ada penumpukan kendaraan di wilayah Kartasura biasanya dialihkan ke arah underpass Makam Haji atau berkoordinasi dengan Satlantas Polres Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya