SOLOPOS.COM - Para penumpang tengah menyemut di pintu masuk Bandara Ahmad Yani, Semarang, Minggu (3/7/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-Humas Bandara Ahmad Yani)

Info Mudik 2016 dari Bandara Ahmad Yani Semarang adalah belum terjadinya pelonjakan penumpang yang cukup signifikan.

Semarangpos.com, SEMARANG Lebaran kurang dari tiga hari lagi. Kendati demikian, lonjakan pemudik yang tiba di Bandara Ahmad Yani, Semarang, belum mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dari informasi yang diperoleh Semarangpos.com, Senin (4/7/2016), pada H-3 atau Minggu (3/7/2016), penumpang penerbangan domestik yang tiba di Bandara Ahmad Yani hanya berjumlah 7.442 orang.

“Kalau dibandingkan penumpang penerbangan domestik yang tiba di Bandara Ahmad Yani pada H-3 Lebaran tahun lalu [2015], jumlah itu mengalami penurunan sekitar 3%. Tahun lalu, jumlah penumpang yang tiba di Bandara Ahmad Yani pada H-3 Lebaran mencapai 7.690 orang,” ujar anggota staf Humas Bandara Ahmad Yani, Hidya Putri, kepada Semarangpos.com, Senin dini hari.

Hidya mengaku penurunan penumpang ini kemungkinan besar disebabkan turunnya jumlah pesawat penerbangan domestik tujuan Bandara Ahmad Yani. Pada tahun lalu, saat H-3 Lebaran ada sebanyak 55 penerbangan pesawat domestik yang tiba di Bandara Ahmad Yani.

“Tapi tahun ini hanya 50 pesawat. Selain itu, jumlah extra flight tujuan ke Bandara Ahmad Yani juga berkurang tahun ini,” imbuh Hidya.

Selain turunnya jumlah penerbangan domestik tujuan Bandara Ahmad Yani, menurunnya jumlah penumpang kemungkinan juga disebabkan adanya pembatalan kedatangan pesawat. Tercatat pada Minggu kemarin ada dua penerbangan yang batal tiba di Semarang, yakni pesawat maskapai Airfast nomor penerbangan F21/FS25 dan Airfast nomer FS23/FS27.

Jika melihat data penumpang yang tiba di Bandara Ahmad Yani pada hari sebelumnya, yakni H-4 atau Sabtu (2/7/2016), pelonjakan pemudik pada Minggu kemarin memang terbilang sangat minim. Pada Sabtu, jumlah pemudik yang tiba di Bandara Ahmad Yani adalah 7.440 orang atau lebih sedikit dua penumpang daripada hari ini.

Kendati jumlah penumpang penerbangan domestik yang tiba di Bandara Ahmad Yani turun, penumpang dari penerbangan internasional justru mengalami peningkatan. Dari data Semarangpos.com, ada tiga penerbangan internasional yang tiba di Bandara Ahmad Yani, Minggu, dengan membawa penumpang sebanyak 493 orang. “Tahun lalu, pada H-3 tidak ada penerbangan internasional yang tiba di Bandara Ahmad Yani. Tapi, tahun ini ada,” imbuh Hidya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya