SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobil dikepung air hujan dan banjir (JIBI/Solopos/dok)

Info mudik kali ini datang dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Klimatologi Semarang yang memprakirakan hujan turun saat musim mudik Lebaran 2016.

Semarangpos.com, SEMARANG —,Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Klimatologi (BMKG) Semarang, Selasa (15/6/2016), berbagi informas/2016), berbagi informasi terkait musim mudik Lebaran 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

BMKG Semarang memprakirakan hujan masih akan turun saat arus mudik Lebaran 2016, meskipun sebagian wilayah di Jawa Tengah telah memasuki musim kemarau. “Bisa saja masih terjadi hujan,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Reni Kraningtyas di Semarang.

Ekspedisi Mudik 2024

Meski demikian, lanjut dia, kondisi tersebut baru bisa melalui prakiraan sepekan sebelumnya. Prakiraan tersebut, menurut dia, didasarkan atas kondisi cuaca berkaitan dengan fenomena Lanina. “Munculnya fenomena Lanina pada kemarau kali cukup terlihat,” katanya.

Pada fenomena Lanina tersebut, kata dia, biasa disebut masyarakat dengan kemarau basah. Intensitas hujan yang terjadi, lanjut dia, berintensitas rendah hingga sedang.Suhu permukaan air laut masih cukup hangat. Oleh sebab itu, menurut dia, masih dimungkinkan terjadi hujan mengingat penguapan yang menyebabkan terbentuknya awan hujan masih cukup tinggi.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya