SOLOPOS.COM - General Manager PT Angkasa Pura I, Priyo Jatmiko (kiri), saat menggelar jumpa pers terkait persiapan arus mudik dan arus balik Lebaran 2016 di Bandara Ahmad Yani, Semarang, Kamis (23/4/2016). (Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Info mudik dari Bandara Ahmad Yani Semarang menyebutkan penambahan 57 penerbangan pada musim mudik Lebaran 2016.

Semarangpos.com, SEMARANG – Otoritas Bandara Ahmad Yani Semarang mengiformasikan penambahan 57 penerbangan pada musim mudik Lebaran 2016. Kebijakan extra flight itu diambil guna mengantisipasi lonjakan penumpang di Bandara Ahmad Yani saat banyak warga perantauan di kota-kota besar pulang kampung di daerah udik yang merupakan kampung halaman asli mereka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Data dan kekuatan penambahan penerbangan di kami [Bandara Ahmad Yani] sudah ada. Kurang lebih ada 57 extra flight yang kami siapkan meliputi maskapai Garuda, Lion, Sriwijaya, Batik, Trigana, dan Calsta,” papar General Manager PT Angkasa Pura I, Priyo Jatmiko, memaparkan info mudik dalam sesi jumpa pers seusai menggelar Apel Siaga Pembukaan Posko Terpadu Angkutan Lebaran di Bandara Ahmad Yani, Kota Semarang, Kamis (23/6/2016).

Priyo mengaku untuk penambahan penerbangan itu, jadwal sudah disusun. Untuk jadwal itu, pihaknya juga akan menyesuaikan dengan jumlah parking stand yang tersedia di Bandara Ahmad Yani Semarang. “Untuk jadwalnya kami sesuaikan dengan parking stand yang ada. Itu kami lakukan agar tidak terjadi penumpukan [pesawat] di apron bandara,” imbuh Priyo.

Sementara itu, disinggung terkait perkiraan jumlah penumpang arus mudik maupun arus balik Lebaran 2016, Priyo memprediksi akan terjadi peningkatan dibandingkan tahun 2015 lalu. Jika tahun lalu, jumlah penumpang arus mudik maupun arus balik mencapai 6.000-8.000 orang/hari, kemungkinan tahun 2016 ini akan meningkat sekitar 10%.

“Kami memprediksi jumlah penumpang tahun ini mengalami peningkatan 10% dibanding tahun lalu. Jumlahnya sekitar 7.500-8.000 orang per hari. Kemungkinan puncak arus baliknya akan terjadi pada H-2 atau H-3 Lebaran. Sedang puncak arus baliknya terjadi sekitar H+4 Lebaran atau pada hari Minggu [11 Juni 2016],” terang Priyo.

Sementara itu terkait pengamanan di Bandara Ahmad Yani, Priyo mengaku pihaknya akan mengerahkan pasukan gabungan sebanyak satu kekuatan satuan setingkat kompi (SSK) yang berjumlah sekitar sekitar 60-an personel. Pasukan gabuang itu terdiri dari masing-masing satu regu anggota TNI, Polri, Satuan Pengaman (Satpam) dan Dinas Perhubungan. “Pasukan ini akan bertugas menjaga area bandara sejak 24 Juni-17 Juli nanti. Ini kami lakukan untuk meningkatkan pelayanan arus mudik dan arus balik Lebaran,” beber Priyo.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya