SOLOPOS.COM - Ilustrasi macet hanya di satu jalur jalan pada musim mudik Lebaran. (JIBI/Solopos/Antara/Rosa Panggabean)

Info mudik 2016 dari Jasa Marga Semarang menyebutkan panjangnya antrean kendaraan di pintu jalan tol Tembalang akibat memuncahnya arus milir.

Semarangpos.com, SEMARANG – Masa liburan Lebaran 2016 para perantau yang pulang ke udik sepertinya segera berakhir. Mereka mulai kembali ke hilir sehingga jalur-jalur jalan pun kembali dipadati kendaraan, tak terkecuali di jalan tol Jatingaleh-Krapyak, Kota Semarang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Orang-orang udik yang milir itu bukan hanya membuat padat jalur jalan tol dalam kota Semarang, tetapi juga berjubal di pintu-pintu jalur jalan tol itu. Antrean kendaraan arus milir atau balik Lebaran 2016 di pintu jalan tol Tembalang bahkan dilaporkan hampir 1 km panjangnya.

“Antrean kendaraan menuju ke arah Jakarta mencapai sekitar 800 meter dari pintu gerbang tol Tembalang,” kata petugas Jasa Marga di pintu gerbang tol Tembalang, Siswanto dihubungi Semarangpos.com, Minggu (10/7/2016).

Demi mengurai antrean panjang kendaraan itu, lanjut dia, dilakukanlah rekayasa dengan menutup pintu beberapa gerbang tol dari arah Krapayak dan menambah gerbang dari arah Banyumanik, menuju Jakarta.  “Kami membuka enam gerbang pintu tol untuk kendaraan dari arah Banyumanik menuju ke Jakarta,” ujarnya.

Menurut Siswanto, jumlah kendaraan yang melewati gerbang tol Tembalang dari pukul 06.00 WIB-14.00 WIB, Minggu (10/7/2016), tercatat sebanyak 13.000 kendaraan. Kepadatan arus balik Lebaran, imbuh dia, diperkirakan akan berlangsung sampai pukul 21.00 WIB.

“Kepadatan kendaraan arus balik terjadi sejak Sabtu [9/7/2016] dengan jumlah kendaraan mencapai 15.000 unit,” ungkapnya.

Sementara itu, Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) IV Semarang, Gatut Sutyatmoko menyatakan pada puncak arus milir atau balik dari mudik Lebaran 2016 ini, jumlah penumpang kereta api diperkirakan mencapai 25.901 orang.

“Puncak arus balik pada H+ 3 Lebaran pada Minggu ini, karena Senin besok [11/7/2016], pegawai sudah mulai masuk kerja,” ujar dia.

Dia menambahkan untuk mengangkut penumpang arus balik Lebaran, telah melakukan penambangan gerbong kereta api (KA) yakni KA Kaligung jurusan Stasiun Poncol Semarang-Tegal, KA Menoreh  Stasiun Tawang Semarang-Pasar Senen Jakarta, dan KA Argo Muria, Stasiun Tawang Semarang- Gambir Jakarta. “Penumpang KA tidak perlau khawatir akan terlantar karena gerbong kereta yang ada mencukupi,” kata dia.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya