SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (tengah), menyambut kedatangan para pemudik di Terminal Giri Adipura Wonogiri, Kamis (30/6/2016) malam. (Bayu Jatmiko A/JIBI/Solopos)

Info mudik 2016 di Wonogiri sebanyak 101 bus program mudik gratis tiba Kamis malam.

Solopos.com, WONOGIRI — Sebanyak 101 bus program mudik gratis yang dilakukan dari berbagai instansi sudah tiba di Wonogiri, Kamis (30/6/2016). Kedatangan para peserta mudik gratis disambut langsung oleh Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, di Terminal Giri Adipura.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Bus-bus tersebut mulai tiba di Wonogiri pukul 22.30 WIB. Dari jumlah bus yang masuk, 86 bus di antaranya merupakan bus mudik gratis yang digelar oleh PT. Jasa Raharja. Sembilan bus lagi bantuan dari Bank Jateng dan empat bus bantuan pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Sedangkan dua bus lagi merupakan bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri,” ungkap Kasi Angkutan Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Wonogiri, Suyatno, Jumat (1/7/2016).

Pada Kamis malam hingga Jumat dini hari, bus-bus yang membawa peserta mudik gratis tersebut sudah tiba di Terminal Giri Adipura.

Menurut Kepala Satpol PP, Waluyo, para pemudik tersebut pada Kamis malam disambut langsung oleh Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)di terminal. “Semua jajaran Forkopimda bersama Bupati menyambut di terminal,” kata dia.

Sementara itu menurut Kepala PT. Jasa Raharja Perwakilan Sukoharjo, M. Erwin Setia Negara, jumlah bus mudik gratis dari PT. Jasa Raharja yang masuk Wonogiri sebanyak 79 bus. Namun pada realisasinya menjadi 86 bus.

“Setiap bus memuat sekitar 30 orang. Sebab ada juga yang turun sebelum memasuki Wonogiri,” kata dia. Dia mengatakan program mudik gratis tersebut hanya dilakukan dalam satu gelombang. Total ada sekitar 500 bus untuk mudik di Jawa dan Sumatra. Erwin mengatakan tujuan penyelenggaraan mudik gratis adalah untuk meminimalisasi jumlah pemudik dengan sepeda motor. “Mungkin ada yang ingin mudik tapi tidak kebagian sarana angkutan. Dari pada menggunakan sepeda motor, kami fasilitasi dengan bus agar lebih nyaman dan aman,” kata dia.

Sedangkan untuk arus balik, PT. Jasa Raharja juga menyediakan sekitar 50 bus untuk lingkungan Jawa Tengah. Pemberangkatan menuju Jakarta dan sekitarnya akan dilakukan 10 Juli. Lokasi pemberangkatan dipusatkan di Asrama Haji, Donohudan, Boyolali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya