SOLOPOS.COM - Ilustrasi berbuka puasa (Freepik)

Solopos.com, WONOGIRIBuka puasa menjadi salah satu momentum paling ditunggu umat Islam saat menjalankan puasa Ramadan. Tahukah kamu, di Wonogiri terdapat sejumlah menu khas yang biasa dijadikan berbuka puasa.

Sebagaimana diketahui, Wonogiri menjadi salah satu sentra kuliner di Soloraya. Di Wonogiri, terdapat beberapa makanan khas yang cocok disantap saat berbuka puasa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut lima makanan khas di Wonogiri yang cocok disantap saat berbuka puasa:

Baca Juga: Sambut Mudik, Penjual Mete Wonogiri Targetkan Penjualan hingga 10 Ton

1. Nasi Tiwul

Makanan ini telah dikenal sejak zaman dahulu dan menjadi warisan kuliner masyarakat Wonogiri. Nasi tiwul dibuat dari gaplek atau olahan singkong kering yang ditumbuk kemudian dikukus. Di Wonogiri tiwul justru disantap dengan aneka lauk sebagai bahan campuran atau malah pengganti nasi alias sega.

2. Mete

Kacang mete telah dikenal di berbagai kota/kabupaten di Indonesia sebagai makanan khas Wonogiri. Memasuki momentum Ramadan dan Lebaran 2022, harga mete di Wonogiri senilai Rp150.000 per kilogram. Harga tersebut mengalami kenaikan dibandingkan sebelam Ramadan, yakni Rp120.000 per kilogram.

3. Tempe Benguk

Tempe benguk merupakan makanan sejenis tempe terbuat dari kedelai. Bedanya, tempe benguk terbuat dari kacang koro. Ukuran tempe benguk biasanya jauh lebih besar dibandingkan dengan tempe kedelai.

Baca Juga: Sambal Cabuk, Khas Wonogiri yang Bahan Utamanya Jarang di Kota Gaplek

4. Wader Goreng

Salah satu lokasi yang sering dijumpai wader goreng di Wonogiri berada di kawasan Waduk Gajah Mungkur (WGM). Di lokasi ini, wisatawan yang datang biasanya berwisata kuliner atau membeli oleh-oleh ikan goreng renyah selepas berkunjung dari WGM. Wader goreng dinilai cocok disantap saat berbuka puasa.

5. Sayur Lombok Ijo

Sayur lombok ijo menjadi makanan khas di Wonogiri. Sayuran ini juga cocok disantap saat berbuka puasa. Sayur lombok ijo Wonogiri berbahan baku tempe yang dimasak dengan kuah santan dengan rajangan lombok atau cabai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya