SOLOPOS.COM - Ilustrasi tidur kurang nyenyak (Pictagram)

Info hidup sehat kali ini tentang lima penyebab tubuh terasa lelah saat bangun tidur.

Solopos.com, SOLO – Saat bangun tidur, semestinya tubuh dalam kondisi fit agar bisa melakukan berbagai aktivitas dengan optimal. Namun, tak jarang badan terasa sakit dan lelah meski telah tidur dalam waktu yang lama. Mengapa demikian?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip Solopos.com dari Pop Sugar, Jumat (24/11/2017), ternyata ada beberapa faktor yang membuat tubuh terasa letih meski telah tidur selama delapan jam di malam hari. Salah satu faktor yang memengaruhi kualitas tidur adalah kebiasaan bermain gadget. Selain itu, apa saja yang membuat tubuh lemas tak bertenaga ketika bangun tidur? Temukan jawabannya di bawah ini:

Main gadget

Bermain gadget merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dilakukan banyak orang. Padahal, cahaya biru pada layar ponsel ini menganggu kualitas tidur. Saat menatap layar ponsel, mata akan menangkap cahaya biru yang mengirim sinyal ke otak untuk menghentikan produksi melatonin. Senyawa inilah yang sebenarnya membuat tidur lebih nyenyak. Jika produksi senyawa ini menurun, maka kualitas tidur bakal terganggu. Akibatnya, Anda tetap merasa lelah ketika bangun tidur.

Mandi air hangat

Kebanyakan orang berpikir, mandi air hangat membuat tubuh lebih rileks dan tidur menjadi nyenyak. Tapi, ternyata anggapan itu salah besar. Mandi air hangat justru mengganggu kualitas tidur. Sebab, air hangat membuat suhu tubuh meningkat. Sedangkan saat tidur suhu tubuh biasanya akan menurun. Jadi, sebaiknya tidurlah minimal satu jam setelah mandi air hangat. Pastikan kamar dalam keadaan sejuk agar kualitas tidur tidak terganggu.

Kamar berantakan

Kamar yang berantakan ternyata juga memengaruhi kualitas tidur. Kondisi kamar yang berantakan menimbulkan rasa cemas yang membuat tidur kurang nyenyak. Sebelum tidur, pastikan kamar dalam keadaan rapi. Matikan lampu dan nyalakan pendingin ruangan agar tidur menjadi lebih nyenyak.

Stres

Stres merupakan salah satu hal yang sering membuat tidur tidak nyenyak. Saat sedang stres, biasanya otak akan bekerja lebih berat sehingga menimbulkan rasa cemas. Hal ini terjadi lantaran tubuh menghasilkan kortisol alias hormon pemacu adrenalin. Itulah sebabnya Anda tidak bisa tidur nyenyak dan merasa letih saat bangun.

Salah makan

Hindari camilan mengandung garam dan lemak saat hendak tidur. Makanan ini akan membuat Anda mengalami mimpi buruk. Sebaiknya, makanlah pisang atau minum segelas susu untuk membuat tubuh rileks dan tidur menjadi lebih nyenyak.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya