SOLOPOS.COM - Mural di Flyover Janti Jogja. (Instagram/@gejayanmemanggil)

Solopos.com, JOGJA — Ruas jalan menuju Solo di Fly Over Janti, Sleman, DI Yogyakarta, akan ditutup selama enam hari. Penutupan dimulai pada Senin hingga Sabtu (4-9/4/2022).

Penutupan salah satu ruas jalan di Fly Over Janti ini hanya dilakukan pada malam hari. Sedangkan pada siang hari tetap bisa digunakan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM) DIY, Kwaryantini Ampeyani Putri, mengatakan Fly Over Janti ini berstatus sebagai jalan nasional, sehingga perbaikan dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui satuan kerja yang berada di Yogyakarta. Dinas PUP-ESDM DIY dilibatkan untuk koordinasi penutupan sementara.

Baca Juga: Ngeri! Remaja Asal Kebumen Dihantam Pakai Gir Hingga Tewas di Jogja

“Itu jalan nasional, rencananya ada pekerjaan perbaikan expantion joint mulai nanti malam [Senin],” kata dia, Senin (4/4/2022).

Dia menyampaikan aspal Fly Over Janti sepanjang 502,5 meter bakal diganti. Ruas yang diperbaiki berada di jalur arah Kota Jogja atau selatan menuju ke Solo. Tepatnya di tikungan ke arah timur.

“Jadi yang ditutup itu hanya Fly Over dari arah selatan ke timur [arah ke Solo], karena ada penggantian aspal,” jelas dia.

Penutupan ruas tersebut tidak dilakukan sepanjang hari. Namun, penutupan akan dimulai pukul 21.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB. Penutupan akan dilakukan mulai Senin hingga Sabtu pekan ini.

Baca Juga: PPN Naik Jadi 11%, Ini Dampak yang Dirasakan Pengusaha Jogja

Pada pagi hingga siang hari, jalan ini tetap bisa dilewati kendaraan. Perbaikan dilakukan secara bertahap dan malam hari supaya tidak mengganggu pengguna jalan.

“Penutupan hanya dilakukan pada malam hari setelah pukul 21.00 WIB. Sekitar pukul 05.00 WIB atau 06.00 WIB sudah dibuka kembali,” jelasnya.

Selama penutupan, arus lalu lintas dari arah selatan yang akan menuju ke Solo dialihkan ke arah turunan Fly over Janti ke Babarsari dengan melewati bangjo Fly Over Janti kemudian berbelok ke timur. Untuk truk berukuran besar mulai dialihkan di Simpang Empat Ketandan Jalan Wonosari untuk dibelokkan ke timur arah Jalan Piyungan.

“Kendaraan berukuran kecil bisa lewat sebelah barat [jalur menuju Babarsari dan Jogja]. Nanti turun pas di traffic light bisa ke kanan [ke timur]. Namun untuk kendaraan berat seperti truk dan sejenisnya nanti di Simpang Empat Ketandan akan diarahkan lewat Jalan Wonosari,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya