SOLOPOS.COM - Layanan Telkomsel saat Hari Pelanggan Nasional di Grapari Telkomsel Surabaya, Jumat (4/9/2015). (Peni Widarti/JIBI/Bisnis)

Info belanja kali ini datang dari Telkomsel yang menggencarkan migrasi layanan 2G ke 3G dengan menawarkan handphone murah.

Madiunpos.com, SURABAYA – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) di sepanjang paruh terakhir tahun 2015 ini bakal gencar melakukan migrasi teknologi 2G menuju 3G dengan menyiapkan handset atau perangkat selular 3G senilai Rp300.000/unit.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

General Manager Sales Region Jawa Timur, Agustiyono mengatakan saat ini merupakan zamannya era layanan data, tetapi pada kenyataannya pengguna telepon selular berteknologi 2G masih sangat banyak dan butuh waktu untuk beralih ke 3G.

“Untuk itu kami punya program migrasi 2G ke 3G dengan mensubsidi handset, setidaknya sudah merek Samsung yang bisa ditukarkan dengan handphone lama pelanggan yang masih 2G,” katanya seusai merayakan Hari Pelanggan Nasional di Grapari Telkomsel Surabaya, Jumat (4/9/2015).

Meski begitu Agus belum dapat menyebutkan total unit yang disiapkan oleh Telkomsel untuk mensubsidi handset bagi pelanggannya. Menurutnya jumlah unit handset itu akan mengikuti tren dan permintaan pasar.

“Dengan bermigrasi ke 3G, harapannya orang akan bermain di layanan data, dan kami sudah menyiapkan program migrasi ini ke seluruh daerah di kantor pelayanan, termasuk kerja sama dengan Telesindo,” ujarnya.

Dorong 4G
Dia menambahkan, walaupun mencoba mengalihkan pasar 2G ke 3G, tetapi Telkomsel juga gencar mendorong pelanggannya untuk menggunakan teknologi 4G yang lebih canggih, terutama di kota-kota besar yang sudah terfasilitasi BTS 4G.

Di Jawa Timur, sudah ada tiga kota yang telah siap berakselerasi dengan teknologi 4G LTE. Di antaranya adalah Surabaya, Gresik dan Sidoarjo. Ke depan, kata Agus, Telkomsel akan menambah fasilitas teknologi 4G di kota-kota besar lain di Jatim seperti Malang dan Jember.

“Dalam berinvestasi di 4G ini pun tidak begitu saja memasang di suatu kota, karena kami harus lihat dulu seperti apa permintaan pasar. Intinya kami ikuti terus apa keinginan pasar,” imbuhnya.

4G Sudah 10%
Sejak teknologi 4G hadir di Indonesia, pengguna handset 4G sudah mencapai 10% dari total pengguna telepon selular. Dari total pengguna handset 4G tersebut, Telkomsel mengklaim jika 80% pelanggan layanan 4G merupakan pelanggannya.

Agus menambahkan, pertumbuhan peralihan teknologi 3G ke 4G rerata mencapai 30% per bulan sejalan dengan fasilitas teknologinya yang sudah disiapkan. “Tapi tak bisa dibohongi kalau sampai saat ini pelanggan 3G masih yang terbanyak kontribusinya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya