SOLOPOS.COM - Ilustrasi pameran produk automotif Honda (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, JAKARTA — Maraknya diskon harga mobil oleh kalangan agen tunggal pemegang merek membuat makin bergairahnya market share di kelas low multi purpose vehicle (MPV)

Besaran diskon yang bervariasi dengan tawaran yang menggiurkan membuat konsumen semakin banyak pilihan sehingga pangsa pasar LMPV bergairah dan persebarannya berubah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan, low MPV sudah mulai terbagi menyusul pasar segmen tersebut yang sudah dipenuhi oleh pemain baru. Menurutnya, selain kehadiran beberapa produk baru seperti Honda Mobilio, Chevrolet Spin, dan beberapa produk lainnya yang menjadi faktor utama pangsa pasar terbagi, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh diskon yang diberikan beberapa ATPM terhadap produk itu.

“Jadi semakin besar diskon yang dikeluarkan oleh masing-masing ATPM akan sangat berpengaruh besar terhadap konsumen domestik yang selama ini lebih memilih segmen LMPV sebagai mobil yang digunakan,” tuturnya, Minggu (9/3/2014).

Toyota Avanza sebagai pemain paling besar di segmen low MPV, masih kukuh dalam penjualan per bulannya dari 15.000 unit hingga 16.000 unit meskipun secara pangsa pasar sedikit mengalami pelemahan akibat munculnya produk baru. Pasar Avanza secara volume memang masih tetap bertumbuh secara baik dengan tren positif tetapi secara market share sedikit mengalami pengurangan.

Namun, Johnny tetap yakin bahwa Avanza sebagai pemegang pangsa pasar terbesar di Indonesia masih tetap bertumbuh menyusul produk sejuta umat ini memiliki jaringan pemasaran dan layanan purna jual yang lengkap hampir di seluruh Indonesia.

Pasar mobil LCGC adalah pasar yang diprediksi akan sangat berpengaruh besar terhadap penjualan mobil di pasar domestik bahkan menurut Lembaga Riset Frost and Sullivan mencatat pada 2014 LCGC akan berpengaruh besar terhadap penjualan mencapai 100% atau tumbuh menjadi 125.000 unit dalam satu tahun.

Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor, Rio Sanggau, menjelaskan kehadiran mobil LCGC juga berpengaruh besar terhadap pangsa pasar LMPV. Menurutnya, salah satu perkembangan signifikan dari pasar LCGC saat ini terkhusus Ayla adalah mulai terbentuk, di mana dari 3.000—4.000 Ayla yang terjual tiap bulannya, lebih dari setengah mengambil jalur leasing dengan uang muka standar sekitar 25%-30% dari harga mobil.

“Berangsur mulai terbentuk. Sebelumnya memang banyak yang membeli untuk mobil kedua atau ketiga atau beli cash, tapi kini 60% sudah kredit dengan uang muka minimal. Itu artinya, pasar Ayla yang sebenarnya mulai terlihat,” ujarnya.

Hanya ungkap Rio, Daihatsu Xenia masih menjadi andalan terdepan karena LMPV ini sudah menjadi andalan terbesar dalam penjualan ADM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya