SOLOPOS.COM - Seorang petugas tengah mengisi BBM di SPBU. (Antara/HO-Pertamina)

Solopos.com, SOLO — Kenaikan harga sejumlah komoditas seperti bahan bakar minyak (BBM), minyak goreng, dan tarif angkutan udara memicu kenaikan inflasi hingga mencapai 1,47 persen di Kota Solo selama Ramadan atau April 2022. Sementara indeks harga konsumen pada April sebesar 110,70.

Jumlah tersebut lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya. Pada Maret 2022, inflasi Kota Solo sebesar 0,93 persen dengan indeks harga konsumen 109,10. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Solo, Totok Tavirijanto, mengatakan beberapa kelompok pengeluaran mengalami kenaikan indeks harga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kelompok itu yaitu makanan, minuman, dan tembakau naik sebesar 2,33 persen, kelompok pakaian dan alas kaki naik 0,59 persen. Kelompok perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga naik 0,33 persen.

Disusul kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga naik 1.63 persen yang juga ikut menyumbang inflasi Kota Solo selama Ramadan. Sementara kelompok yang mengalami penurunan indeks harga adalah kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan, yakni turun 0,01 persen.

Tingkat inflasi tahun kalender Januari-April 2022 sebesar 3,16 persen. Sedangkan tingkat inflasi Kota Solo tahun ke tahun, April 2022 terhadap April 2021 sebesar 4,65 persen.

Baca Juga: Elpiji & Minyak Goreng, Ini Daftar Penyumbang Inflasi Solo Maret 2022

Peningkatan Permintaan

Dibukanya akses mobilitas masyarakat utamanya mudik Lebaran 1443 H/2022, menurut Totok, menjadi salah satu faktor yang memengaruhi tingginya permintaan komoditas dan barang. Ditambah dengan kebiasaan masyarakat membeli barang-barang saat menjelang perayaan Idulfitri.

“Kita ketahui April juga ada Ramadan mendekati Idulfitri, tentu di sana terjadi peningkatan permintaan komoditas. Apalagi mobilitas makin tinggi lagi memicu permintaan barang,” kata Totok, Senin (9/5/2022).

Tak hanya Solo, lima kota lain di Jawa Tengah yang dihitung angka inflasinya pada April 2022 atau bersamaan dengan Ramadan, tercatat semua mengalami inflasi. Inflasi tertinggi yakni Cilacap sebesar 1,68 persen, Purwokerto 1,65 persen, Solo 1,47 persen, Kudus 1,27 persen, Tegal 0,90 persen, dan Semarang 0,86 persen.

Baca Juga: Ini 2 Komoditas yang Disebut BPS Picu Inflasi Bulan April 1,47%

Totok menambahkan beberapa komoditas impor masih terpengaruh adanya konflik Rusia dan Ukraina. “Termasuk tadi, pertamax juga terdampak dari sana dari sisi harga ya. Kemudian kita ketahui April masih ada beberapa produksi barang di sektor pertanian masih terganggu dengan cuaca,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya