INFLASI DIY : Kondisi Jalan Picu Rendahnya Inflasi DIY

SHARE
INFLASI DIY : Kondisi Jalan Picu Rendahnya Inflasi DIY
SOLOPOS.COM - Ilustrasi inflasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Inflasi DIY pada tahun 2015 terendah dalam lima tahun terakhir

Harianjogja.com, BANTUL-Tahun 2015 menjadi titik terendah inflasi yang pernah dicapai Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama kurun lima tahun terakhir. Laju inflasi DIY year on year (yoy) 2015 sebesar 3,09%. Angka inflasi ini sama dengan laju inflasi nasional yoy 2015 sebesar 3,09%.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) DIY Bambang Kristianto mengatakan, inflasi 2015 ini menjadi catatan penting sepanjang lima tahun terakhir. Hal ini dapat terjadi salah satunya karena infrastruktur Kota Gudeg sangat mendukung proses distribusi barang.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

“Infrastruktur sangat berpengaruh sekali. Kalau jalannya jelek, pasokan barang bisa tersendat,” kata Bambang pada wartawan usai Video Conference Press Release BRS BPS RI di Kantor BPS DIY, Bantul, Senin (4/1/2015). Jika distribusi barang tersendat maka bisa memberi pengaruh pada kenaikan harga.

Posisi DIY yang berada di tengah daratan juga berpengaruh pada inflasi daerah. Lain dengan daerah lain seperti pulau Bangka Belitung dan daerah kepulauan lainnya di Indonesia yang langsung dikelilingi pantai.

Bambang menyebut, daerah-daerah yang bersentuhan langsung dengan pantai akan mudah terdampak gelombang pasang. Gelombang pasang akan berpengaruh langsung terhadap persediaan komoditas seperti ikan sekaligus harganya.

Ia mengatakan, harga komoditas pada Desember 2015 secara umum mengalami kenaikan. Berdasarkan hasil pemantauan BPS selama Desember 2015, inflasi DIY pada Desember 2015  0,96% month to month (mtm) atau terjadi kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 119,31 pada November 2015 menjadi 120,45 pada Desember 2015.

Seluruh kelompok mengalami kenaikan. Mulai dari kelompok bahan makanan; kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau; kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar; kelompok sandang; kelompok kesehatan; kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga; serta kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago